Jumat, 26 Mei 2017

Bolehkah Bagi Wanita Membawa Anak-Anak Ikut Shalat Tarawih Di Masjid?

Bolehkah Bagi Wanita Membawa Anak-Anak Ikut Shalat Tarawih Di Masjid?


Meskipun shalat wanita terbaik adalah di rumah tetapi jangan dilarang jika mereka ingin ke masjid dan membawa anak-anak mereka dengan syarat menjaga anak-anak dari menganggu jalannya shalat
Wanita hendaknya lebih banyak shalat tarawih di rumah mereka. Karena wanita shalat di rumah lebih baik daripada shalat di masjid.
Boleh membawa anak-anak di masjid asalkan benar-benar di jaga agar tidak ribut dan menggangu orang shalat serta di awasi, atau dengan tehnik anak-anak disisipkan di sela-sela shaf orang dewasa
Jika bawa anak-anak, orang tua tidak boleh cuek, harus perhatikan terus, anaknya sedang apa? Apakah ribut atau tidak di masjid, jika ribu maka segera beri pengertian dan bawa ke halaman masjid dll
Pertanyaan kepada syaikh Muhammad bin Ibrahim
“Apa hukum wanita dan anak-anak shalat tarawih di masjid?”
jawaban:
Janganlah engkau larang wanita membawa anak-anak ikut shalat ketika bulan Ramadhan (shalat tarawih). Terdapat dalil sunnah yang menunjukkan bahwa wanita membawa anak-anak mereka ke masjid di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Hadits nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menggendong Umamah (cucu beliau) pada shalat wajib dan beliau mengimami manusia.
Akan tetapi hendaknya para ibu tetap menjaga masjid dari najis (kencing dan kotoran anak-anak) dan menjaga hak anak-anak misalnya hak tidur dan yang lain.
Perlu diketahui bahwa wanita hendaknya lebih banyak shalat tarawih di rumah mereka. Karena wanita shalat di rumah lebih baik daripada shalat di masjid.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah diam di rumah-rumah mereka” (HR. Ahmad)
Selengkapnya baca ا:
Penyusun: Raehanul Bahraen
__
Telegram (klik): bit.ly/muslimafiyah
Broadcast WA muslimafiyah: +62895384942337
(Simpan nomornya, Kirim Pesan via WA ا:
[Nama Lengkap-Kota]
Direkap tiap hari Ahad)

Sumber: https://muslimah.or.id/4017-bolehkah-bagi-wanita-membawa-anak-anak-ikut-shalat-tarawih-di-masjid.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar