Selasa, 02 September 2014

FATWA ULAMA UMAT TENTANG SAYYID QUTHB (3 – Terakhir)

فتاوى علماء الأمة في سيد قطب رحمه الله

FATWA ULAMA UMAT TERHADAP SAYYID QUTHB
[Bagian 3 – Terakhir]

فتوى العلامة الشيخ عبد المحسن بن حمد العباد
FATWA AL-‘ALLAMAH ASY-SYAIKH ‘ABDUL MUHSIN AL-‘ABBAD

سئل عالم المدينة الشيخ عبد المحسن العباد عن كتاب ظلال القرآن” ؟ فقال: ( كتاب ظلال القرآن” أو في ظلال القرآن” للشيخ سيد قطبرحمه الله هو من التفاسير الحديثة التي هي مبنية على الرأي، وليست على النقل، وليست على الأثرومن المعلوم أن أصحاب الرأي والذين يتكلمون بآرائهم ويتحدثون بأساليبهم يحصل فيهم الخطأ والصواب، ويصيبون ويخطئون، والإنسان الذي غير فاهم وغير متمكن من الأصلح له أن لا يرجع إليه وإنما يرجع إلى كتب العلماء المعتبرين مثلتفسير ابن كثير وتفسير ابن جرير، ومثل تفسير الشيخ عبدالرحمن السعدي في المتأخرين فإن هذه تفسيرات العلماء.
Seorang ‘Alim dari Madinah, Syaikh Abdul Muhsin al-‘Abbad ditanya tentang kitab Zhilalul Qur`an, lantas beliau menjawab : “Buku Zhilalul Qur`an atau Fi Zhilalil Qur`an karya Sayyid Quthb rahimahullahu termasuk buku tafsir kontemporer yang dibangun di atas ro’yi (akal) bukan dibangun di atas naql (dalil wahyu) dan atsar. Sudah maklum bahwa shohibur ro’yi(pemikir/rasionalis) dan orang-orang yang berbicara dengan ra’yi (akal) mereka dan uslub(cara/metode) mereka bisa salah dan bisa benar, bisa betul dan bisa keliru. Adapun seseorang yang tidak memiliki pemahaman (yang baik) dan tidak pula mumpuni (di dalam memilah-milah) yang lebih benar darinya, maka janganlah ia merujuk kepadanya dan cukuplah ia merujuk kepada buku-buku para ulama mu’tabar (terkemuka), seperti Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Jarirdan Tafsir Syaikh ‘Abdurrahman as-Sa’di di zaman ini, karena tafsir-tafsir ini adalah tafsir para ulama (bukan para tafsir para pemikir, pent.).
وأما الشيخ سيد قطب رحمه الله فهو من الكتاب من الأدباء يعني يكتب بأسلوبه وبألفاظه ويتحدثليس كلامه مبنياً على الأثر ولهذا إذا قرأه الإنسان لم يجده يقولقال فلان وقال فلان وقال رسول الله كذا وكذا…الخ يعني من جمع الآثار والعناية بالآثار ؛ لأنه ما كان مبنيا على الأثر وإنما كان مبنياً على العقل والكلام بالرأي، ولهذا يأتي منه كلام ليس بصحيح وكلام غير صواب.
Adapun Syaikh Sayyid Quthb rahimahullahu, maka beliau termasuk penulis dari kalangan sasterawan, maksudnya beliau menulis dengan metode dan lafazh sastera serta berkata-kata dengannya. Ucapan beliau tidak dibangun di atas atsar, oleh karena itu apabila seseorang yang membaca tulisan beliau, dia tidak akan mendapatkan beliau mengatakan : “Fulan berkata, Fulan mengatakan, Rasulullah bersabda demikian dan demikian…” dan seterusnya, yaitu tidak menemukan kumpulan atsar dan perhatian dengan atsar, dikarenakan beliau tidak membangun (hujjahnya) dengan atsar, namun dibangun di atas akal dan berpendapat dengan fikiran, oleh sebab itulah ia banyak mengemukakan pendapat yang tidak shahih dan tidak benar.
ولهذا الاشتغال… العمر قصير وليس متسع لكون الإنسان يقرأ كل شيء ومادام أن الأمر كذلك فالقراءة فيما ينفع والفائدة فيه محققه وكلام أهل العلم.. أهل العلم الذين هم علماء ما هم كتّابالكتاب غير العلماء، الكاتب غير العالمالكاتب هو الأديب الذي عنده يعني قدرة على الكتابة والإنشاء فيتحدث فيأتي بالكلمات منها ما يصيب ومنها ما يخطيء وأحيانا يعبر ويخطيء في التعبير ويأتي بعبارة هي ليست جيدة وليست مناسبة جاءت لكونه استرسل بكلامه وعبر بعباراته ولهذا يأتي في كلام سيد قطب رحمه الله كلمات غير لائقة يأتي في كلام سيد قطب في مؤلفاته في التفسير وفي غيره كلمات غير لائقة وغير مناسبة ولا يليق بالمسلم أن يتفوه بها، وأن يتكلم بها.
Untuk inilah menyibukkan diri… padahal umur itu pendek dan seorang manusia tidak akan bisa membaca segala sesuatu semuanya dan hal ini akan tetap demikian, maka di dalam membaca (hendaklah membaca) sesuatu yang bermanfaat dan faidah di dalamnya lebih jelas dan (membaca) ucapan para ahli ilmu… ahli ilmu adalah mereka dari kalangan para ulama bukan dari kalangan para penulis : para penulis itu bukan ulama dan seorang penulis itu bukanlah seorang yang alim. Seorang penulis itu adalah seorang sasterawan, yang dia memiliki kemampuan di dalam menulis dan mengarang serta berkata-kata dengannya, sehingga datang dari perkataan-perkataannya sesuatu yang benar dan sesuatu yang salah, dan terkadang ia mengungkapkan sesuatu dan salah di dalam pengungkapannya dan menggunakan ungkapan yang tidak baik dan tidak layak yang disebabkan oleh cara penguraian ucapan dan pengungkapan ibarat-ibaratnya, oleh karena itulah terdapat di dalam ucapan Sayyid Quthbrahimahullahu ucapan-ucapan yang tidak layak, juga terdapat di dalam di dalam karya-karya tulis beliau dan selainnya ucapan-ucapan yang tidak pantas, tidak layak dan tidak sepatutnya bagi seorang muslim melakukan dan mengatakannya.
وأما القول بأنه ما شرح التوحيد مثل سيد قطب فهذا كلام غير صواب أبداً ؛ التوحيد لا يؤخذ من كلام سيد قطب وإنما يؤخذ من كلام العلماء المحققين مثلالبخاري وغير البخاري من الذين أتوا بالأسانيد والأحاديث عن رسول الله r وبينوا التوحيد وعرفوا التوحيد وعرفوا حقيقة التوحيد، وكذلك العلماء الذين علمهم في التوحيد ليس على الإنشاء وعلى الأساليب الإنشائية وعلى الكتابات الأدبية، وإنما بنوه على كلام العلماء وعلى الآثار وعلى كلام الله وكلام رسوله صلوات الله وسلامه وبركاته عليههذا هو الحقيقة الذين هم كتبوا في التوحيد واشتغلوا في التوحيد ).
Adapun pendapat yang menyatakan bahwa tidak ada (seorangpun) yang menjelaskan tauhid sebagaimana Sayyid Quthb, maka ini adalah pernyataan yang tidak benar sama sekali. Tauhid tidak diambil dari pendapat Sayyiq Quthb, namun diambil dari perkataan para ulamamuhaqqiqin (peneliti) seperti al-Bukhari dan selain beliau yang menggunakan sanad dan hadits-hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam, yang menjelaskan tauhid, mengetahui tauhid dan hakikat tauhid. Demikianlah para ulama, pengetahuan mereka tentang tauhid tidaklah (dibangun) di atas karangan dan metode karang mengarang ataupun penulisan sastera, namun mereka membangunnya di atas ucapan para ulama, di atas atsar, Kalamullah dan ucapan Rasulullah -semoga shalawat, salam dan berkah senantiasa tercurahkan kepada beliau-. Inilah realita ulama sebenarnya, yang menulis dan menyibukkan diri dengan tauhid.”
المرجع (سؤال له بعد درس سنن النسائي في المسجد النبوي بتاريخ 7/11/1414).
Sumber : Pertanyaan kepada beliau selepas pelajaran Sunan an-Nasa`i di Masjid Nabawi pada tanggal 7/11/1414)

فتوى معالي الشيخ صالح بن عبد العزيز آل الشيخ
FATWA MA’ALI SYAIKH SHALIH BIN ‘ABDIL AZIZ ALU SYAIKH

سئل فضيلة الشيخ صالح بن عبد العزيز آل الشيخهل مما ينهى عنه قراءته من التفاسير تفسير سيد قطب رحمه الله - “في ظلال القرآن؟
Fadhilatusy Syaikh Shalih bin ‘Abdil ‘Aziz Alu Syaikh ditanya dengan pertanyaan berikut : “Apakah diantara buku-buku tafsir yang dilarang untuk dibaca adalah buku Tafsir karya Sayid Quthb rahimahullahu yaitu Fi Zhilalil Qur`an?
فأجاب فضيلته: ( أما تفسير في ظلال القرآن” لسيد قطب فهو من التفاسير التي اشتملت على مواضع كثيرة فيها بيان لبعض الآيات ؛ بيان حسنٌيعني فيها أسلوب أدبي فيه شيء من التنميق مما يفهم المرء دلالة الآيات عموماً وصلتها بالواقع، هذا مما يدركه القارئ له من أول ما يقرأولهذا اعتنى به كثيرون في هذا العصر من هذه الجهة، حيث إنه في بعض الآيات يعبر عن التفسير بتعبيرات صحيحة وبعبارات أدبية مناسبة.
Fadhilatusy Syaikh menjawab : “Adapun tafsir Fi Zhilalil Qur`an karya Sayyid Quthb adalah termasuk buku-buku tafsir yang mengandung banyak sekali tema pembahasan di dalamnya dalam menjelaskan beberapa ayat, adalah penjelasan yang baik. Maksudnya, di dalamnya terdapat gaya-gaya sastera yang dipadu dengan gaya bahasa yang indah sehingga seseorang dapat memahami dilalah (petunjuk/makna) ayat secara umum dan dikorelasikan dengan realita yang ada. Inilah kesan yang ditangkap oleh pembaca ketika membaca bluku ini pertama kali. Oleh karena itulah, banyak sekali orang di zaman ini yang menaruh perhatian terhadap buku ini dengan alasan tersebut, dimana pada sebagian ayat diungkapkan penafsirannya dengan ungkapan-ungkapan yang shahih dan ungkapan-ungkapan sastera yang sesuai.
وأيضاً اشتمل كتابه على كثير من البدع والضلالات، فكتاب سيد قطب في ظلال القرآن” ما فيه من التحريفات أكثر مما في كتاب الصابونيومن أمثلة ذلكأنه يؤول الاستواءومن أمثلته أنه يشعر في سورة الإخلاص بأن عنده ميل إلى بعض مذاهب المتصوفة من القائلين بوحدة الوجود أو نحو ذلكيفهم منه ما نقول إنها ظاهرٌ بَيّن، لكن يفهم منه.
Namun buku beliau juga mengandung banyak kebid’ahan dan kesesatan. Buku Sayyid QuthbFi Zhilalil Qur`an ini mengandung lebih banyak penyelewengan dibandingkan dengan buku ash-Shobuni. Diantara contohnya adalah : beliau menakwilkan kata istiwa`. Contoh lain lagi adalah dapat dirasakan bahwa di dalam (menafsirkan) surat al-Ikhlas, beliau memiliki kecenderungan kepada sebagian madzhab sufi yang berpendapat dengan wahdatul wujud atau semisalnya yang dapat difahami (dari ungkapannya), kami tidak mengatakan hal ini adalahzhahir dan terang namun (kami katakan) dapat difahami dari ungkapannya.
ومن ضمن ذلك أنه يقولإن بحث زيادة الإيمان ونقصانه أنه من البحوث الكلامية التي لا ندخل فيها،قالها في سورة الأنفال عند قوله تعالى:وإذا تليت عليهم آياته زادتهم إيماناً في الحاشيةومن أمثلة ذلك أنه يفسر الرب بالإله، والإله بالرب، يعنيتوحيد الربوبية عنده هو توحيد الألوهية، وتوحيد الألوهية هو توحيد الربوبية، عنده عكس في فهمها، فالرب عنده هو المستحق للعبادة، والإله عنده هو الخالق الرازق ، وهذا لا شك أنه يتبعه أشياء من مسائل الاعتقاد ينحرف بها من يلتزمها عن جادة أقوال السلف.
Diantara penyelewengan lainnya adalah beliau berkata : Sesungguhnya pembahasan bertambah dan berkurangnya iman itu adalah termasuk pembahasan Kalamiyah yang tidak masuk di dalam (pembahasan aqidah). Beliau mengatakan hal ini di dalam catatan kaki ketika menafsirkan surat al-Anfal ketika firman Alloh : “Dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka maka bertambahlah keimana mereka.” Contoh lainnya adalah beliau menafsirkan kataRabb dengan Ilah dan Ilah dengan Rabb, maksudnya tauhid ar-Rububiyah menurut beliau sama dengan tauhid al-Uluhiyyah dan tauhid al-Uluhiyyah itu sama dengan tauhid ar-Rububiyah. Ia memahami kedua tauhid ini secara terbalik, Rabb itu menurutnya adalah Dzat yang berhak untuk disembah dan Ilah adalah Sang Pencipta Sang pemberi Rezeki. Hal ini tidak diragukan lagi dapat menyebabkan orang yang mengikuti suatu pendapat darinya tentang masalah i’tiqad (keyakinan) dapat menyimpang dari berpegang dengan pendapat ulama salaf.
من ضمن ذلك أنه في مسائل طاعة المشركين لا يَفْهم تفصيل أهل العلم فيها، فيُفهم من ظاهر كلامه ما يكون موافقاً فيه لبعض الغلاة في مسائل الطاعةطاعة المشركين، أو طاعة الأحبار والرهبانومن أمثلة ذلك ما ذكره في سورة الأنعام عند قوله تعالىوإن أطعتموهم إنكم لمشركون فذكر فيها أشياء منها مما أدخله فيها كما أذكر مسألة لبس المرأة الأزياء والموديلات التي يصدرها أو تصدرها شركات الأزياء في باريسعلى حد تعبيره فيقولأولئك الذين يُشرِّعون للنساء عامة ألبسة تلبس في الصباح كذا، وفي المساء كذا، وفي السهرة كذا، وفي العمل كذا … إلى آخره.
Termasuk penyimpangan beliau juga adalah di dalam masalah ketaatan kepada kaum musyrikin dimana beliau tidak memahami tafshil (perincian) para ulama mengenainya sehingga dapat di fahami dari zhahir ucapan beliau adanya keselarasan dengan sebagian pendapat kaum ghulat (ekstrimis) di dalam masalah ketaatan tersebut, yaitu ketaatan kepada kaum musyrikin atau ketaatan kepada para pendeta dan rahib-rahib. Seperti misalnya apa yang beliau sebutkan di dalam surat al-An’am ketika menafsirkan firman Alloh : “Dan jika kamu mentaati mereka tentulah kamu akan menjadi orang-orang musyrik.” Lalu beliau menyebutkan sesuatu hal yang beliau masukkan ke dalamnya (ke dalam masalah ketaatan, pent.) –sebagaimana yang saya ingat- yaitu masalah pakaian wanita yang memiliki desain dan model-model yang diproduksi oleh perusahaan desain di Paris, dan beliau berkata : mereka adalah orang-orang yang mensyariatkan bagi kaum wanita secara umum untuk menggunakan pakaian semisal ini di waktu pagi, seperti ini di waktu sore, seperti ini pada tengah malam, seperti pada saat bekerja… dan seterusnya.
يقول سيد قطبإن هذه الفئة يعنيمصمم الأزياء إنهم آلهة لأنهم أحلوا الحرام فأُطيعوا، وحرموا الحلال فأُطيعوافيقولالمرأة المسلمة التي تطيعهم في ذلك قد اتخذتهم آلهة لأنها أطاعتهم في تحليل الحرام وتحريم الحلالوهذا لا شك أنه كلام باطل ؛ لأن المرأة إذا لبست الملابس المحرمة التي جاءت من عند أولئك المصممين لا يعني أنها اعتقدت أنها حلال.
Sayyid Quthb mengatakan : Sesungguhnya kaum seperti ini, yaitu yang mendesain model pakaian wanita, sesungguhnya mereka adalah sesembahan-sesembahan dikarenakan mereka menghalalkan yang haram lalu mereka ditaati, dan mengharamkan yang halal lalu ditaati. Lalu beliau berkata : wanita muslimah yang turut mentaati mereka di dalam masalah berpakaian ini, maka sungguh telah menjadikan mereka sebagai sesembahan-sesembahan dikarenakan ia mentaatinya di dalam menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. Dan hal ini tidak diragukan lagi merupakan ucapan yang batil, karena seorang wanita apabila menggunakan pakaian yang haram yang dihasilkan oleh para desainer pakaian seperti itu, tidaklah otomatis artinya ia berkeyakinan bahwa hal ini halal.
فمسألة التكفير في اعتقاد أن هذا الذي حرمه الله جل وعلا حلالأما إذا أطاعوهم مع عدم اعتقاد أن هذا حلال… ؛ فمثلاً امرأة لبست ملابس أبرزت صدرها ورجليها عند الرجال الأجانب متابعة للمصممين، هذا إن كانت تعتقد أن هذا الفعل حرام ونحو ذلك، وغُلبت عليه ؛ ضعف إيمانها ليس هذا بكفر ولم تؤله أولئكفهو في هذه المسألة جعل الطاعة مكفرة، وقد أخذ بقوله بعض الجماعات التي غلت في مسألة الحكم بما أنزل الله؛في مسألة الطاعة؛ طاعة المشرعين، المصممين، المنظمين إلى آخره.
Masalah takfir (penvonisan kafir) adalah ketika meyakini bahwa sesuatu yang diharamkan oleh Alloh Jalla wa ‘Ala ini adalah halal. Adapun apabila ia mentaati mereka dengan tanpa berkeyakinan bahwa ini halal…, seperti misalnya seorang wanita yang berpakaian dengan pakaian yang terbuka bagian dada dan kakinya di depan lelaki ajnabi (asing) karena ikut-ikutan para desainer itu, apabila ia meyakini bahwa perbuatannya itu haram atau semisalnya, namun ia dikalahkan hawa nafsunya dan karena keimanannya yang lemah, maka hal ini bukanlah kekufuran dan ia tidak menjadikan mereka sebagai sesembahan. Beliau (Sayyid Quthb) di dalam masalah ini telah menjadikan ketaatan sebagai perkara yang mengkafirkan. Sebagian jama’ah mengambil pendapat beliau ini , dan mereka telah melampaui batas di dalam masalah berhukum dengan apa yang diturunkan Alloh dan masalah ketaatan, yaitu ketaatan kepada kaum musyrikin, para desainer dan penentu masalah tersebut… dan seterusnya.
أيضاً من المسائل التي اشتمل عليها كتاب في ظلال القرآن” أنه لا يظهر فيه اعتناء بما أثبته أهل السنة، يعنييشبه أن يكون فكرياً غير مركز على مسألة معينة، يعنيعلى توجه معين هو أراد منه أن يكون كتاباً دعوياً كما يزعم يناسب الوقت، لكنه اشتمل على أشياء مما ذكرت وغيرها.
Juga termasuk diantara penyimpangan yang terkandung di dalam buku Fi Zhilalil Qur`anadalah bahwasanya tidak tampak pada beliau adanya perhatian tehadap apa yang ditetapkan oleh ahlus sunnah, maksudnya : seakan-akan pemikiran beliau tidak terfokus pada suatu masalah tertentu secara spesifik, dalam artian pada arah tertentu beliau menghendaki supaya bukunya menjadi buku dakwah sebagaimana yang beliau anggap sesuai dengan kondisi zaman ini, namun buku ini mengandung sesuatu yang telah saya sebutkan dan selainnya.
وأيضاً من الأشياء التي تفرد بها أنه ذكر في سورة يوسف ذكر أن أولئك الذين يسألون عن أحكام الإسلام وهم في مجتمع جاهلي هؤلاء يقدحون في الإسلام، والذين يجيبونهم من العلماء هؤلاء يشاركونهم في القدحهذا معنى كلامه، لِمَ ؟ قـاللأن أحكام الإسلام والفقه الإسلامي ما أتى إلا لينزل على واقع مسلمأما هذه المجتمعات الجاهلية على حدِّ تعبيره فإنها لا تقبل أحكام الله حتى يجتهد لها العالم في بيان الأحكام!
Juga diantara sesuatu yang beliau lain dengan lainnya adalah, ketika beliau menyebutkan di dalam surat Yusuf, beliau menyebutkan bahwa mereka yang bertanya tentang hukum-hukum Islam sedangkan mereka adakah masyarakat jahiliyah, mereka ini hanya bermaksud melecehkan Islam, dan para ulama yang menjawab pertanyaan mereka, maka berarti turut serta di dalam pelecehan. Inilah makna (yang difahami) dari perkataannya. Kenapa demikian? Beliau berkata : Karena hukum-hukum Islam dan fikih Islami tidaklah datang melainkan untuk menyetujui keadaan realita seorang muslim. Adapun masyarakat jahiliyah ini –menurut definisi beliau – sesungguhnya tidak menerima hukum-hukum Islam sekalipun seorang alim bersungguhnya-sungguh di dalam menjelaskan hukum!
وهذا لا شك أنه صورة من صور المخالفة لمنهج الحق في هذا، لأن أحكام الإسلام تُبَيّن في الدار التي فيها مسلمون ولو لم يكن فيها إلا مسلم واحدإذا سأل عن دينه بُيِّنَ له وتُكلم في بيان الإسلام وبيان أحكامه ولو كان في دار جاهليةوتعميمه أن بلاد المسلمين دور جاهلية هذا لا شك أن فيه تعدٍ.يعنيجميعاًعلى حد تعبيره - .
Hal ini, tidak diragukan lagi merupakan suatu gambaran dari penyelewengan dari manhaj yang haq, dikarenakan hukum-hukum Islam itu dapat dijelaskan pada suatu negeri yang ada kaum muslimin di dalamnya, bahkan walaupun yang ada hanya seorang muslim saja. Apabila ia bertanya tentang agamanya maka diterangkan padanya dan diterangkan tentang Islam dan hukum-hukumnya, walaupun ia berada di negeri Jahiliyah. Adapun pengumuman beliau bahwa semua negeri kaum muslimin adalah negeri jahiliyah, maka ini tidak ragu lagi merupakan sikap melampaui batas, maksudnya : (beliau mengkafirkan) semuanya –menurut definisi yang beliau buat-.
وأيضاً من المسائل التي تفرد بها، أنه قسم الفقه إلى قسمين في سورة يوسف: (القسم الأول): فقه الأوراقو (القسم الثاني): فقه الواقع، وفقه الحركة أيضاًيقصد بفقه الأوراقالفقه الموجود بين أيدينا من فقه علماء الإسلام، ويقصد بفقه الواقعيعني الواقع الذي تعيشه الحركة وما حول الحركة ونحو ذلك ؛ يعنيما حول الجماعة العاملة والتنظيم العامل، يقولإن مهمتنا الآن العناية بفقه الحركة فقه الواقع.أما فقه الأوراق فهذا لم ينشأ إلا في مجتمع المدينة، لأنه لا بد فيه من مجتمع يطبقه، فإذا لم نوجد هذا المجتمع الذي يطبقه فإننا لا نحتاج إلى العناية به، كما تتوجه يعني الدراسات ونحو ذلك يعني العناية الكبيرة بهفالعناية الكبرى تنصب على فقه الواقع لأنه هو الذي تحتاج إليه الأمة ونحو ذلك.
Termasuk pula masalah yang beliau lain daripada lainnya adalah, beliau memilah-milah fikih menjadi dua macam di dalam surat Yusuf : yaitu (pertama) fiqhul auraq (fikih kertas atau teori) dan (kedua) fiqhul waaqi’ (fikih realitas) dan termasuk pula fiqhul harokah (fikih pergerakan). Yang beliau maksudkan dengan fiqhul auraq adalah fikih yang ada di tengah-tengah kita ini berupa fikih ulama Islam, sedangkan yang beliau maksudkan dengan fiqhul waaqi’ adalah realita yang dihadapi harokah, seputar harokah dan semisalnya., maksudnya yaitu seputar pengorganisasian jama’ah dan kelompok. Beliau berkata : Sesungguhnya, tanggung jawab kita sekarang adalah memperhatikan fikih harokah fiqhul waaqi’. Adapun fiqhul auraq, tidaklah berkembang melainkan di dalam masyarakat madani, karena haruslah ada masyarakat yang mempraktekkannya. Apabila kita tidak menemukan masyarakat yang mempraktekkannya, maka kita tidak perlu lagi memperhatikannya, sebagaimana studi-studi dan selainnya yang diarahkan dengan perhatian yang besar kepadanya. Perhatian besar kita haruslah tertujui pada fiqhul waaqi’, karena fikih inilah yang umat lebin membutuhkannya dan semisalnya.
له آراء كثيرة مخالفة إذا تأملت هذا الذي ذُكر، فطالب العلم الذي يحرص على العلم النافع إنما يطالع كتب السلف الصالح، يطالع الكتب التي تفيده العلم المنقى الصافي، أما الكتب المشتملة على الباطل، المشتملة على التحريفات، المشتملة على آراء شخصية ليس عليها أدلة ظاهرة من القرآن والسنة لا يوافق علماء أهل السنة والجماعة عليها، فإن قراءة طالب العلم خاصة المبتدئ فيها إنها قد تسبب وتوقع في قلبه شبهة، والحريص على دينه لا يوقع ولا يسعى في أن يوقع نفسه وقلبه في شبهة ).
Beliau memiliki banyak pemikiran yang menyimpang apabila anda memperhatikan hal yang telah disebutkan. Seorang penuntut ilmu yang antusias di dalam menuntut ilmu yang bermanfaat hanyalah dengan menelaah buku-buku salaf shalih, buku-buku yang dapat memberikan manfaat ilmu yang bersih lagi murni baginya. Adapun buku-buku yang mengandung kebatilan, mengandung penyelewengan, mengandung pemikiran-pemikiran individu yang tidak dibangun dengan dalil-dalil nyata dari al-Qur`an dan as-Sunnah, yang tidak menyepakati ulama ahlus sunnah wal jama’ah, maka sesungguhnya seorang penuntut ilmu terutama yang masih pemula, pada saat membacanya, dapat menyebabkan ketergelinciran dan menyusupnya syubhat di dalam hatinya. Orang yang antusias di dalam mempelajari agamanya tidak akan menjatuhkan dan membiarkan dirinya tergelincir dan disusupi oleh syubhat.”
المرجع ( “شرح كتاب مسائل الجاهلية لشيخ الإسلام محمد بن عبد الوهاب، الشريط السابع، الوجه الثاني ).
Sumber : Kaset “Syarh Masa`ilil Jahiliyah karya Syaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab”, kaset ke-7, side B.
Dari: http://abusalma.wordpress.com/2007/08/31/fatwa-ulama-umat-tentang-sayyid-quthb-3-terakhir/

Sebagian fatwa ini dicuplik dari buku Baro`atu Ulama`il Ummah min Tazkiyati Ahlil Bid’ah wal Madzmumah, karya Syaikh ‘Isham bin ‘Abdillah as-Sinaani. Dimuroja’ah oleh Al-‘Allamah Asy-Syaikh Shalih Fauzan al-Fauzan dan baca serta direkomendasikan oleh Al-‘Allamah Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullahu. Download dari www.sahab.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar