Selasa, 02 September 2014

FATWA ULAMA UMAT TERHADAP SAYYID QUTHB (2)

فتاوى علماء الأمة في سيد قطب رحمه الله
FATWA ULAMA UMAT TERHADAP SAYYID QUTHB
[Bagian 2]

فتوى العلامة الشيخ صالح بن فوزان الفوزان
FATWA AL-‘ALLAMAH ASY-SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN AL-FAUZAN

Fatwa Pertama :
قال سيد قطب في تفسير قوله تعالى: وفي الرقاب في “ظلال القرآن”: (وذلك حين كان الرق نظاما عالمياً تجري المعاملة فيه على المثل في استرقاق الأسرى بين المسلمين وأعدائهم، ولم يكن للإسلام بد من المعاملة بالمثل، حتى يتعارف العالم على نظام آخر غير الاسترقاق). ( “الظلال” (3/1669)، وكرر ذلك في تفسير سورة البقرة (1/230)، وفي تفسير سورة المؤمنون (4/2455)، وفي تفسير سورة محمد (6/3285)).
Sayyid Quthb berkata tentang tafsir firman Alloh Ta’ala : “Dan (memerdekakan) hamba sahaya” di dalam Fi Zhilalil Qur`an : “dan demikianlah ketika perbudakan dulunya merupakan peraturan dunia yang muamalah berlangsung di dalamnya, dalam bentuk perbudakan yang terjadi antara kaum muslimin dengan musuh-musuh mereka. Akan tetapi Islam tidak mengharuskan menggunakan sistem mu’amalah yang serupa, sampai dunia akhirnya mengetahui peraturan lain selain perbudakan.” [Azh-Zhilal (3/169), dan beliau mengulanginya lagi di dalam tafsir surat al-Baqoroh (I/230), surat al-Mu'minun (4/2455) dan surat Muhammad (6/3285).
قال سائل: فضيلة الشيخ، يرى بعض الكتاب العصريين أن هذا الدين قد أُجبر على
قبول نظام الرق الجاهلي في بادئ الأمر.
Seorang penanya berkata : "Fadhilatusy Syaikh, ada sebagian penulis kontemporer yang beranggapan bahwa agama ini terpaksa menerima hukum perbudakan jahiliyah pada permulaannya."
قال فضيلة الشيخ صالح: أعوذ بالله.
Fadhilatusy Syaikh Shalih berkata : "A'udzubillah" (Aku memohon perlindungan kepada Alloh).
أكمل السائل سؤاله بقوله: بيد أنه جاء ] بتخفيفه ] عن طريق فتح أبواب الكفاراتوغيرها من الإعتاق الواجب في الموالى بالتدريج حتى ينتهي، وبالتالي يكون مقصود الشارع هو إزالة هذا النظام بالتدريج. فما توجيهكم ؟
Penanya itu menyempurnakan pertanyaannya dengan mengatakan : “Hanya saja dia berpendapat seperti ini untuk meminimalisir dari cara yang dapat membuka pintu bagi orang-orang kafir untuk mengobarkan permusuhan terhadap syariat, (dengan anggapan) bahwa memerdekakan budak wajib secara bertahap sampai selesai/berakhir. Selanjutnya (ia beranggapan) bahwa maksud Sang pemberi syariat (Alloh) adalah menghilangkan hukum ini secara bertahap. Apa arahan anda (terhadap ucapan ini)?
قال الشيخ صالح الفوزان: (هذا كلام باطل – والعياذ بالله – رغم أنه يردده كثير من الكتاب والمفكرين ولا نقول العلماء، بل نقول المفكرين كما يسمونهم. ومع الأسف يقولون عنهم الدعاة أيضاً، وهو موجود في تفسير سيد قطب في “ظلال
القرآن”، يقول هذا القول: إن الإسلام لا يقر الرق، وإنما أبقاه خوفاً من صولة الناس واستنكار الناس لأنهم ألفوا الرق، فهو أبقاه من باب المجاملة يعني كأن الله يجامل الناس، وأشار إلى رفعه بالتدريج حتى ينتهي. هذا كلام باطل وإلحاد – والعياذ بالله – هذا إلحاد واتهام للإسلام.
Syaikh Shalih Fauzan menanggapi : “Ini adalah ucapan yang batil -wal’iyadzubillah- walau ironinya hal ini senantiasa diulang-ulang oleh banyak penulis dan pemikir tanpa ada penukilan dari ulama, hanya penukilan dari para pemikir sebagaimana mereka menyebutnya. Sayangnya lagi, hal ini juga diucapkan orang para du’at dan hal ini ada di dalam tafsir Sayyid Quthb di dalam Fi Zhilalil Qur`an. Ia berkata tentang hal ini : sesungguhnya Islam tidak menetapkan adanya perbudakan dan sesungguhnya Islam menetapkan hal ini hanya karena takut akan serangan dan pengingkaran manusia dikarenakan manusia (dulu) telah terbiasa dengan perbudakan. Islam menetapkannya sebagai bentuk mujamalah (bersikap baik) yaitu seakan-akan Alloh bersikap baik terhadap manusia, kemudian ia mengisyaratkan atas diangkatnya (hukum perbudakan) secara bertahap hingga akhirnya berhenti. Ucapan ini adalah ucapan yang batil dan ilhad (menyimpang) -wal’iyadzubillah-. Ini adalah ilhad dan tuduhan terhadap Islam.
ولولا العذر بالجهل،] لأن ] هؤلاء نعذرهم بالجهل لا نقول إنهم كفارٌ ؛ لأنهم جهال أو مقلدون نقلوا هذا القول من غير تفكير فنعذرهم بالجهل، وإلا الكلام هذا خطير لو قاله إنسان متعمد ارتد عن دين الإسلام، ولكن نقول هؤلاء جهال لأنهم مجرد أدباء أو كتاب ما تعلموا، ووجدوا هذه المقالة ففرحوا بها يردون بها على الكفار بزعمهم.
Sekiranya tidak diberi ‘udzur (apologi) atas kejahilannya (maka mereka telah kafir), hanya saja mereka semua ini kita beri ‘udzur atas kejahilannya oleh karena itu kami tidak mengatakan mereka ini kafir, dikarenakan mereka jahil atau hanya bertaklid dengan menukil pendapat ini tanpa memikirkannya dan kami memberi mereka udzur (atas hal ini). Apabila tidak, ucapan yang bahaya ini jika diucapan oleh seseorang secara sengaja maka ia telah murtad keluar dari Islam. Tapi kami berpendapat mereka ini jahil, karena mereka hanyalah sekedar seorang sasterawan atau penulis yang tidak mengetahui, lalu mereka mendapatkan ucapan ini dan mereka bergembira dengannya dan mereka membantah kaum kafir dengan ucapan ini.
لأن الكفار يقولون: إن الإسلام يُمَلِّكَ الناس، وأنه يسترق الناس، وأنه وأنه، فأرادوا أن يردوا عليهم بالجهل، والجاهل إذا رد على العدو ] فإنه ] يزيد العدو شراً، ويزيد العدو تمسكا بباطله. الرد يكون بالعلم ما يكون بالعاطفة، أو يكون بالجهل، ] بل ] يكون الـرد بالعلم والبرهان، وإلا فالواجب أن الإنسان يسكت ولا يتكلم في أمور خطيرة وهو لا يعرفها.
Oleh sebab orang kafir mengatakan : sesungguhnya agama Islam itu memperbolehkan manusia dijadikan sebagai hak milik (properti), Islam mencuri (hak) manusia, Islam begini dan begini, lantas mereka (para pemikir dan penulis ini) ingin membantah orang kafir tadi dengan kebodohan. Dan orang jahil itu, apabila membantah seorang musuh, maka ia menyebabkan musuh itu malah bertambah menjadi buruk dan semakin berpegang dengan kebatilannya. Membantah itu haruslah dengan ilmu, tidak dengan luapan perasaan (emosi) atau dengan kejahilan, namun haruslah dengan ilmu dan burhan (argumentasi yang terang). Apabila tidak, maka wajib bagi seseorang untuk diam dan tidak berbicara di dalam perkara yang riskan sedangkan ia tidak mengetahui (ilmu)nya.
فهذا الكلام باطل ومن قاله متعمدا فإنه يكفر، أما من قاله جاهلاً أو مقلداً فهذا يعذر
بالجهل، والجهل آفةٌ قاتلة – والعياذ بالله – فالإسلام أقر الرق والرق قديم قبل الإسلام موجود في الديانات السماوية ] ومستمر ] ما وجد الجهاد في سبيل الله، فإن الرق يكون موجوداً لأنه تابع للجهاد في سبيل الله – عز وجل – وذلك حكم الله – جل وعلا – ما فيه محاباة لأحد ولا فيه مجاملة لأحد، والإسلام ليس عاجزاً أن يصرح ويقول: هذا باطل؛ كما قال في عبادة الأصنام وكما قال في الربا وكما قال في الزنا وكما قال في جرائم الجاهلية، الإسلام شجاع ما يتوقف ويجامل الناس ؛ ] بل ] يصرح ] برد ] الباطل، ] و ] يبطل الباطل.
Ucapan ini adalah ucapan batil dan barangsiapa mengucapakannya dengan sengaja maka ia kafir. Adapun orang yang mengatakannya karena kejahilannya atau taklid, maka ia diberi udzuratas kejahilannya dan kejahilan itu adalah penyakit yang membinasakan -wal’iyadzubillah-. Islam menetapkan perbudakan dan perbudakan itu telah ada semenjak dulu sebelum Islam, ada di dalam agama-agama samawi dan senantiasa ada selama ada jihad fi sabilillah. Sesungguhnya perbudakan akan senantiasa ada karena perbudakan senantiasa menyertaijihad fi sabilillah ‘Azza wa Jalla, dan yang demikian inilah hukum Alloh Jalla wa ‘Ala tanpa ada di dalamnya muhaabah (kecondongan cinta) dan mujamalah (kecondongan bersikap baik) terhadap seorang pun. Islam itu bukanlah agama yang lemah di dalam menjelaskan dan menyatakan “ini batil”, sebagaimana pernyataan Islam terhadap peribadatan kepada berhala-berhala, riba, zina, kejahatan jahiliah, (dll. ) Islam adalah agama yang berani yang tidak bersikap dan berbuat baik kepada manusia (hanya untuk mendapatkan simpati manusia, pent.), namun Islam tegas membantah kebatilan dan menolak kebatilan.
هذا حكم الله – سبحانه وتعالى – فلو كان الرق باطلاً ما جامل الناس فيه ؛ بل قال هذا باطل، ولا يجوز فالرق حكم شرعي باق ما بقي الجهاد في سبيل الله شاؤا أم أبوا. نعم، ] وسبب الرق هو الكفر بالله فهو عقوبة لمن أصر على الكفر واستكبر عن عبادة الله عز وجل ولا يرتفع إلا بالعتق.
Ini adalah hukum Alloh Subhanahu wa Ta’ala, kalau sekiranya perbudakan itu batil niscaya tidak ada sikap baik manusia di dalamnya. Bahkan mengatakan hal ini adalah batil dan tidak boleh, karena perbudakan adalah hukum syar’i yang akan senantiasa ada selama jihad fi sabilillah ditegakkan baik mereka kehendaki maupun mereka enggan. Iya, alasan adanya perbudakan ini adalah kekufuran kepada Alloh dan perbudakan ini merupakan hukuman bagi orang yang tetap bersikeras di dalam kekufuran dan bersikap sombong dari beribadah hanya kepada Alloh Azza wa Jalla saja dan tidak akan terangkat (status budaknya) kecuali dengan memerdekakannya.
المرجع: (من شريط بتاريخ الثلاثاء 4/8/1416 ثم صححه الشيخ).
Sumber : Kaset rekaman pada hari Selasa, 4/8/1416 kemudian dikoreksi sendiri oleh Syaikh.


Fatwa Kedua :
سئل الشيخ العلامة صالح الفوزان عن قراءة كتاب “ظلال القرآن” ؟ فقال: (وقراءة الظلال فيها نظر لأن الظلال يشتمل على أشياء فيها نظر كثير، وكوننا نربط الشباب بالظلال ويأخذون ما فيه من أفكار هي محل نظر. هذا قد يكون له مردود سيئ على فكار الشباب. فيه تفسير ابن كثير، وفيه تفاسير علماء السلف الكثيرة وفيها غنى عن مثل هذا التفسير.
Syaikh al-‘Allamah Shalih Fauzan al-Fauzan ditanya tentang (hukum) membaca buku Zhilalul Qur`an, maka syaikh menjawab : “Membaca buku azh-Zhilal perlu dilihat dulu, dikarenakan buku azh-Zhilal mengandung perkara-perkara yang di dalamnya banyak sekali hal yang perlu ditinjau, dan hal ini menyebabkan kita mengikatkan para pemuda dengan buku azh-Zhilalsehingga mereka mengambil pemikiran-pemikiran yang perlu ditinjau kembali di dalamnya. Hal ini bisa jadi menyebabkan dampak yang buruk bagi pemikiran para pemuda. Masih ada buku tafsir Ibnu Katsir dan tafsir-tafsir ulama salaf sangatlah banyak, yang mana tafsir-tafsir ini lebih memadai daripada tafsir semisal ini (Zhilalul Qur`an).
وهو في الحقيقة ليس تفسيراً، وإنما كتاب يبحث بالمعنى الإجمالي للسور، أو في القرآن بوجه عام. فهو ليس تفسيراً بالمعنى الذي يعرفه العلماء من قديم الزمان ؛ أنه شرح معاني القرآن بالآثار، وبيان ما فيها من أسرار لغوية وبلاغية، وما فيها من أحكام شرعية. وقبل ذلك كله بيان مراد الله – سبحانه وتعالى – من الآيات والسور.
Buku ini pada hakikatnya bukanlah buku tafsir, namun hanyalah buku yang membahas makna ayat secara global pada tiap-tiap suratnya, atau makna al-Qur’an secara umum. Buku ini bukanlah tafsir dengan artian yang difahami para ulama zaman dahulu, yang menjelaskan makna-makna Al-Qur`an dengan atsar (riwayat), dan menjelaskan apa yang tersembunyi di baliknya dari sisi bahasa dan balaghoh dan menjelaskan apa yang ada di dalamnya berupa hukum-hukum syariat. Dan sebelum hal itu semua, penjelasan yang dimaksud oleh AllohSubhanahu wa Ta’ala adalah (berangkat) dari ayat-ayat dan surat-surat yang lain (yang saling menafsirkan, pent.).
أما “ظلال القرآن” فهو تفسير مجمل نستطيع أن نسميه تفسيراً موضوعياً فهو من التفسير الموضوعي المعروف في هذا العصر، لكنه لا يُعتَمد عليه لما فيه من الصوفيات، وما فيه من التعابير التي لا تليق بالقرآن مثل وصف القرآن بالموسيقى والإيقاعات، وأيضاً هو لا يعنى بتوحيد الألوهية، وإنما يعنى في الغالب بتوحيد الربوبية وإن ذكر شيئاً من الألوهية فإنما يركز على توحيد الحاكمية، والحاكمية لاشك أنها نوع من الألوهية لكن ليست ]وحدها] هي الألوهية المطلوبة، ] وهو يوؤل الصفات على طريقة أهل الضلال ]. والكتاب لا يجعل في صف ابن كثير وغيره من كتب التفسير.
Adapun Zhilalul Qur`an maka ia merupakan tafsir yang global, mungkin kita dapat menyebutnya dengan tafsir maudhu’i (tafsir tematik) yang ia termasuk tafsir tematik yang terkenal di zaman ini. Namun tafsir ini tidak mu’tamad (tidak dapat dijadikan sandaran) oleh sebab adanya pemahaman shufiyah di dalamnya, dan ungkapan-ungkapan yang tidak layak bagi Al-Qur`an, seperti mensifati al-Qur`an dengan musik dan not-not nada. Demikian pula tafsir ini tidak memahami tauhid uluhiyah, dan mayoritas yang disebutkan adalah tauhid rububiyah, sekiranya ia menyebutkan sesuatu tentang tauhid uluhiyah maka ia menfokuskannya pada tauhid hakimiyah. Dan tauhid hakimiyah itu tidak diragukan lagi adalah bagian dari tauhid uluhiyah, namun (tauhid hakimiyah) bukanlah satu-satunya uluhiyah yang dituntut. Ia juga menakwilkan sifat-sifat dengan metode kaum yang sesat. Oleh karena itu buku ini tidak bisa dijadikan sepadan dengan Ibnu Katsir dan selain beliau di dalam masalah tafsir.
هذا الذي أراه ولو اختير من كتب السلف، ومن الكتب المعنية بالعقيدة والمعنية بتفسير القرآن والمعنية بالأحكام الشرعية لكان هذا أنسب للشباب.
Inilah pendapatku dan sekiranya dipilih dari buku-buku salaf dan buku-buku yang spesifik membicarakan masalah aqidah, tafsir Al-Qur`an dan hukum-hukum syariat, maka niscaya yang demikian ini lebih layak bagi para pemuda.
المرجع (في شريط مجموع ما قاله ابن باز حول نصيحته العامة – لقاء مع فضيلته – مكة المكرمة – 9/8/1412 ثم صححه الشيخ) .
Sumber : Kaset “Kumpulan ucapan Ibnu Baz tentang nasehat beliau secara umum”, pertemuan bersama Fadhilatusy Syaikh Shalih Fauzan, Makkah Mukarramah, 9/8/1412, kemudian dikoreksi kembali oleh Syaikh.


Fatwa Ketiga :
قال السائل نقلاً عن الأخ عدنان عرعور – هداه الله – أنه قال: ( لماذا لا يلام الإمام أحمد في تكفيره لتارك الصلاة ويلام سيد قطب إذا صدر منه بعض العبارات، ونقول: هذا يكفر المجتمعات، ولا يلام الإمام أحمد – رحمه الله – وقد حكم على هذه الشعوب كلها بالكفر )- ] أي لأن أغلبهم لا يصلون ] – فما هو تعليق سماحتكم ؟.
Berkata seorang penanya menukilkan ucapan saudara ‘Adnan ‘Ar’ur -semoga Alloh memberinya petunjuk- yang mengatakan : Kenapa kita tidak mencela Imam Ahmad ketika beliau mengkafirkan orang yang meninggalkan sholat namun mencela Sayyid Quthb ketika keluar darinya beberapa ungkapan/perkataan (yang bernada takfir, pent.) dan kita katakan, orang ini (Sayyid) mengkafirkan masyarakat, namun kita tidak mencela Imam Ahmad rahimahullahu yang telah menghukumi bangsa ini kafir semuanya (yaitu dikarenakan mayoritas mereka tidak menegakkan sholat). Apa komentar anda wahai syaikh yang mulia?
قال فضيلة الشيخ صالح الفوزان: ( الإمام أحمد عالم وحبر يعرف الأدلة وطرق الاستدلال، وسيد قطب جاهل ما عنده علم ولا عنده معرفة ولا عنده أدلة على ما يقول، فالتسوية بين الإمام أحمد وسيد قطب ظلم، ] لأن الإمام عنده أدلة كثيرة من الكتاب والسنة على كفر تارك الصلاة متعمداً، وسيد ليس عنده دليل واحد على ما يقول من تكفيره لعموم المسلمين بل الأدلة على خلاف ما يقول].
Fadhilatusy Syaikh Shalih al-Fauzan menjawab : Imam Ahmad adalah seorang alim yang berilmu yang mengetahui dalil-dalil dan metode beristidlal (menggunakan dalil) sedangkan Sayyid Quthb adalah seorang yang jahil yang tidak berilmu, tidak memiliki pengetahuan dan dalil-dalil atas apa yang ia katakan. Maka menyepadankan antara Imam Ahmad dan Sayyid Quthb adalah suatu kezhaliman, dikarenakan Imam (Ahmad) memiliki dalil-dalil yang banyak dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah atas kafirnya orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja, sedangkan Sayyid tidak memiliki dalil satupun atas apa yang ia ucapkan di dalam pengkafirannya terhadap kaum muslimin secara umum, bahkan dalil-dalil yang ada menyelisihi apa yang ia katakan.
كذلك قال أيضاً (يعني عرعور): ( لا أعلم أحداً تكلم في قضايا المنهج بمثل ما تكلم به سيد قطب، ومعظم ما كتبه كان مصيباً فيه). فسئل عن قوله هذا فأجاب: كلمة المنهاج هاهنا أقصد بها قضايا: التغيير، الانتخابات، الاغتيالات. وأقصد في زمانه:
أي وقت الخمسينات.
Ia (Adnan Ar’ur) berkata kembali : tidak seorangpun aku ketahui yang berbicara masalah manhaj serupa dengan apa yang dikatakan oleh Sayyid Quthb, dan hampir keseluruhan buku yang ditulisnya merupakan (bukti) kebenaran hal ini. Adnan ditanya tentang perkataannya ini lalu ia menjawab : Kata minhaj di sini yang aku maksudkan adalah perkara : taghyir(perubahan), intikhobat (pemilu) ightiyalat (revolusi) dan yang aku maksudkan dengan di zamannya adalah pada tahun 50-an.
فأجاب الشيخ صالح: (هو لا يعرف لأنه جاهل، أما نحن نعرف – ولله الحمد – أن العلماء من قبل سيد قطب ومن بعده أنهم يخالفون سيد قطب. نعم ).
Syaikh Shalih menjawab : Dia (Adnan) tidak tahu bahwa dirinya (Sayyid) jahil sedangkan kita -walillahil hamd- mengetahui bahwa para ulama yang sezaman dan setelah Sayyid Quthb, mereka semua ini menyelisihi Sayid Quthb. Iya.
المرجع (من شريط “أقوال العلماء في إبطال قواعد ومقالات عدنان عرعور”).
Sumber : Kaset “Ucapan para ulama di dalam membatalkan kaidah dan ucapan Adnan ‘Ar’ur.

هل يقالإن سيد قطب إن كان مجتهداً فهو مأجور على ذلك ؟ قال فضيلة الشيخ صالح – حفظه الله – جواباً على هذا: (ليس هو من أهل الاجتهاد حتى يقال فيه ذلك، لكن يقال: إنه جاهل يعذر بجهله. ثم إن مسائل العقيدة ليست مجالاً للاجتهاد لأنها توقيفية).
Apakah boleh dikatakan bahwa Sayyid Quthb apabila ia seorang mujtahid maka ia mendapatkan ganjaran atas hal itu? Fadhilatusy Syaikh Shalih hafizhahullahu menjawab hal ini : Sayid Quthb tidaklah termasuk ahli ijtihad sampai-sampai ia dikatakan seperti itu. Namun kita katakan : sesungguhnya ia jahil dan diberi udzur atas kejahilannya. Kemudian tentang permasalahan aqidah bukanlah bidang yang ijtihad berperan di dalamnya, dikarenakan aqidah itu tauqifiyah (tidak ditetapkan melainkan dengan dalil Al-Qur`an dan As-Sunnah yang shahih, pent.).
المرجع (من تعليق الشيخ صالح حفظه الله بخطه على حاشية هذه البراءة)
Sumber : komentar Syaikh Shalih hafizhahullahu dengan tulisan tangannya terhadap catatan kaki buku Baro`atu Ulama`il Ummah.


فتوى للعلامة الشيخ صالح بن محمد اللحيدان
FATWA AL-‘ALLAMAH ASY-SYAIKH SHALIH BIN MUHAMMAD AL-LUHAIDAN

سئل فضيلة الشيخ العلامة صالح بن محمد اللحيدان: هل يوجد في مجلد “ظلال القرآن” لسيد قطب شكٌ أو ريب بالنسبة للعقيدة، وهل تنصح باقتنائه أم لا ؟
Fadhilatusy Syaikh Shalih bin Muhammad al-Luhaidan ditanya : “Apakah ada di dalam juzZhilalil Qur`an karya Sayyid Quthb suatu yang meragukan atau membimbangkan di dalam perkara yang terkait dengan aqidah, dan apakah anda menasehatkan untuk menelaah buku ini ataukah tidak?
فأجاب الشيخ: ( بل هو مليء بما يخالف العقيدة، فالرجـل – رحمه الله نسأل الله أن يرحم جميع أموات المسلمين – ليس من أهل العلم. هو من أهل الدراسات المدنية وأهل الأدب. وله كتبه السابقة قبل أن ينخرط في سلك الإخوان المسلمين، وكان من الأدباء، له كتاب: “حصاد أدبي”، و”الأطياف الأربعة”، وغيره.. و”طفل من القرية”، وأشياء كثيرة من هذا النوع. ثم شاء الله – جل وعلا – أن يتحول عما كان عليه.
Syaikh menjawab : Bahkan buku ini dipenuhi dengan hal-hal yang menyelisihi aqidah. Orang ini (Sayyid Quthb) -semoga Alloh merahmatinya dan kami memohon kepada Alloh agar merahmati semua kaum muslimin yang telah meninggal- ia bukanlah ulama. Ia adalah seorang ahli dalam studi peradaban dan ahli sastera. Ia memiliki buku-buku terdahulu sebelum turut terjun bergabung di dalam ikhwanul muslimin. Ia dulunya seorang yang ahli sastera, ia memiliki bukuHishod Adabial-Athyaf al-Arba’ah dan selainnya, juga Thiflu minal Qoryah dan masih banyak lagi buku-buku sejenis ini. Kemudian dengan kehendak Alloh Jalla wa ‘Ala ia berubah haluan dari sikap yang ia dulu berada di atasnya.
وكان في وقت نشط الناس في الكلام وإن قل العمل، وكان للكلام أثره فكان ما كان
وكتب هذا الكتاب الذي اسمه “في ظلال القرآن”. وإن شاء الله له حسنات، ولكن له أخطأ في العقيدة، وفي حق الصحابة ؛ أخطاء خطيرة كبيرة. وقد أفضى إلى ما قدم فنسأل الله أن يعفو عنا وعنه.
Dan ketika di waktu manusia sedang giat-giatnya di dalam berbicara walaupun sedikit beramal, saat itu ucapan-ucapan tersebut memberikan pengaruh padanya dan kemudian terjadilah apa yang terjadi lalu ia menulis buku ini yang berjudul Fi Zhilalil Qur`an. Insya Alloh buku ini memiliki beberapa kebaikan akan tetapi buku ini memiliki kesalahan-kesalahan dalam hal aqidah dan terhadap hak para sahabat, kesalahan yang sangat berbahaya sekali. Dan sampailah ia pada apa yang dikemukakan dan kami memohon kepada Alloh agar mengampuni diri kami dan beliau.
وأما كتبه فإنها لا تُعِّلمُ العقيدة ولا تقرر الأحكام، ولا يعتمد عليها في مثل ذلك، ولا ينبغي للشادي والناشئ في طريق العلم أن يتخذها من كتب العلم التي يعتمد عليها، فللعلم كتبه، وللعلم رجاله. أنصح أن يعتني طالب العلم بالقراءة للمتقدمين: الأئمة الأربعة، وللتابعين، وأهل الحق، وعلماء الإسلام المعروفين بسلامة المعتقد وغزارة العلم والتحقيق وبيان مقاصد الشريعة. وهم – ولله الحمد – كثيرون، وكتبهم محفوظة – بحمد الله – والمرجع في ذلك كله – عرض أقوال الناس – إنما يكون على كتاب الله وعلى سنة نبيه – rـ وعلى أقوال السلف (الصحابة) فهم أدرى وأعرف بمفاهيم كلام الله وكلام نبيه، وذلك كله – ولله الحمد – مدون في كتب العلماء من الصحاح والسنن، وكتب الآثار ؛ كالمصنفات ونحوها. فلا عذر لطالب العلم بالتقصير، ولا يصح أن يجعل كتب المتأخرين حاكمة على كتب المتقدمين. نعم.
Dan adapun buku-buku beliau, maka buku-buku tersebut tidak mengajarkan aqidah dan tidak pula menetapkan hukum-hukum, dan tidak boleh dijadikan sandaran dalam masalah tersebut. Tidaklah sepatutnya bagi para penuntut ilmu yang antusias dan semangat menjadikannya sebagai buku-buku ilmu yang bersandar kepadanya, karena ilmu itu memiliki buku-bukunya dan memiliki orang-orangnya (yang memang ahli). Saya nasehatkan bagi para penuntut ilmu untuk membaca buku-buku ulama terdahulu seperti buku-buku imam yang empat, para tabi’in, ahli kebenaran dan ulama Islam yang dikenal akan keselamatan aqidahnya dan kedalaman ilmunya di dalam tahqiq (meneliti) dan menjelaskan maksud-maksud syariat. Dan para ulama seperti ini -walillahil hamd- sangatlah banyak dan buku-buku mereka terpelihara -bihamdillah- dan sebagai referensi di dalam masalah ini seluruhnya -berhadapan dengan ucapan manusia- hanyalah dari Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya Shallallahu ‘alaihi wa Salam serta ucapan salaf (sahabat) yang mana mereka adalah kaum yang lebih mengetahui dan mengenal pemahaman akan Kalamullah dan ucapan nabi-Nya. Dan semuanya ini walillahil hamd terhimpun di dalam buku-buku para ulama seperti kitab Shahih, Sunan dan buku-buku atsar seperti mushonnafdan lain sebagainya. Oleh karena itu tidak ada udzur bagi penuntut ilmu untuk meremehkan (hal ini) dan tidaklah benar menjadikan buku-buku kontemporer sebagai hakim pemutus terhadap buku-buku ulama terdahulu. Iya.
قال السائل: طالب علم يجالس أهل السنة وأهل البدع، ويقول: كفى الأمة تفريقاً وأنا أجالس الجميع.
Seorang penanya berkata : Seorang penuntut ilmu bermajlis dengan ahlis sunnah dan ahli bid’ah, dan ia berkata : cukuplah umat ini telah berpecah belah dan aku bermajlis dengan semuanya.
قال الشيخ: ( هذا مبتدع، من لم يفرق بين الحق والباطل ويدعي أن هذا لجمع الكلمة فهذا هو الابتداع، نسأل الله أن يهديه. نعم ).
Syaikh menjawab : orang ini adalah mubtadi’ (pelaku bid’ah). Barangsiapa yang tidak membedakan antara kebenaran dan kebatilan, dan mendakwakan bahwasanya hal ini semua (ia lakukan) untuk mempersatukan kalimat maka inilah bentuk perbuatan bid’ah yang mengada-ada tersebut. Semoga Alloh memberikannya petunjuk. Iya.
المرجع (من شريط درس بعد صلاة الفجر في المسجد النبوي يتاريخ 23/10/1418)
Sumber : Kaset pelajaran selepas sholat Shubuh di Masjid Nabawi tanggap 23/10/1418.


فتوى للعلامة الشيخ عبد الله بن عبد الرحمن الغديان
FATWA AL-‘ALLAMAH ASY-SYAIKH ‘ABDULLAH BIN ‘ABDIRRAHMAN AL-GHUDAYYAN

قال السائل: يقول عدنان عرعور: ( لا أعلم أحداً تكلم في قضايا المنهج مثل ما تكلم سيد قطب، ومعظم ما كتبه سيد كان مصيباً فيه، ومن أعظم كتبه “في ظلال القرآن” و”معالم على الطريق” و”ولماذا أعدموني” )، مع أنه صرح في مواضع أخرى أنه لم يقرأ هذه الكتب وينصح الشباب بقراءتها، فما قول سماحتكم ؟
Seorang penanya berkata : ‘Adnan ‘Ar’ur berkata : “Tidak seorangpun aku ketahui yang berbicara masalah manhaj serupa dengan apa yang dikatakan oleh Sayyid Quthb, dan hampir keseluruhan buku yang ditulisnya merupakan (bukti) kebenaran hal ini. Diantara buku-buku utama beliau adalah Fi Zhilalil Qur`an, Ma’alim ‘alath Thoriq dan Limadza A’damuni.” Padahal di kesempatan lain ia (Adnan) secara tegas-tegas menyatakan bahwasanya ia belum membaca buku-buku ini namun ia menganjurkan para pemuda untuk membacanya. Apa tanggapan yang mulia (terhadap hal ini)?
قال فضيلة الشيخ عبد الله الغديان: ( الجواب أن الشباب ينصحون بعدم قراءتها وأنهم يقتصرون على دلالة القرآن ودلالة السنة وعلى ما كان عليه الخلفاء الأربعة والصحابة والتابعين ).
Fadhilatusy Syaikh ‘Abdullah al-Ghudayyan menjawab : Jawabanku adalah bahwasanya para pemuda dianjurkan untuk tidak membaca buku-buku ini dan mereka dicukupkan hanya pada dalil-dalil Al-Qur`an, as-Sunnah dan apa yang para khalifah yang empat, para sahabat dan para tabi’in berada di atasnya.
المرجع (من شريط أقوال العلماء في إبطال قواعد ومقالات عدنان عرعور).
Sumber : Kaset “Ucapan para ulama di dalam membatalkan kaidah dan ucapan Adnan ‘Ar’ur”.
Dari: http://abusalma.wordpress.com/2007/08/04/fatwa-ulama-umat-terhadap-sayyid-quthb-2/
[Bersambung insya Alloh]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar