Selasa, 02 September 2014

FATWA ULAMA UMAT TERHADAP SAYYID QUTHB (1)

فتاوى علماء الأمة في سيد قطب رحمه الله

FATWA ULAMA UMAT TERHADAP SAYYID QUTHB
[Bagian 1]


فتوى الإمام عبد العزيز بن باز رحمه الله
FATWA IMAM ABDUL ‘AZIZ BIN BAZ RAHIMAHULLAHU

Fatwa Pertama :
قال سيد قطب – عفا الله عنه – في “ظلال القرآن” في قوله تعالى: }الرحمن على العرش استوى { : (أما الاستواء على العرش فنملك أن نقول: إنه كناية عن الهيمنة على هذا الخلق) “الظلال” (4/2328)، (6/3408) ط 12، 1406، دار العلم.
Sayyid Quthb -semoga Alloh mengampuninya- berkata di dalam Fi Zhilalil Qur’an (menafsirkan) firman Alloh Ta’ala “Ar-Rahman (Alloh yang Maha Pemurah) yang beristiwa` di atas Arsy.” [Thoha : 5] : “Adapun istiwa` di atas Arsy dapat kita katakan bahwasanya istiwa` ini merupakankinayah (kiasan) dari al-Haimanah (penguasaan) atas makhluk (ciptaan)-Nya ini.” [Azh-Zhilal(4/2328), (6/3408) cet. Ke-12, 1406, Darul ‘Ilmi].
قال سماحة الشيخ عبد العزيز بن باز – رحمه الله -: (هذا كله كلام فاسدٌ، هذا معناه الهيمنة، ما أثبت الاستواء: معناه إنكار الاستواء المعروف، وهو العلو على العرش، وهذا باطلٌ يدل على أنه مسكين ضايع في التفسير).
Samahatusy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu berkata : “Ini semua adalah ucapan yang fasid (rusak), (ia mengatakan) hal ini (istiwa`) maknanya adalah penguasaan, dan ia tidak menetapkan istiwa`. Ini artinya ia mengingkari istiwa` yang telah ma’ruf (diketahui maknanya), yaitu al-‘Uluw (ketinggian) di atas Arsy. Pendapatnya ini batil menunjukkan bahwa dirinya adalah miskin (lemah) dan dhoyi’ (kosong ilmu) terhadap tafsir.”
ولما قال لسماحته أحد الحاضرين بأن البعض يوصي بقراءة هذا الكتاب دائماً، قال سماحة الشيخ ابن باز: (الذي يقوله غلط – لا.. غلط – الذي يقوله غلط سوف نكتب عليه إن شاء الله).
Tatkala salah seorang dari hadirin berkata kepada syaikh yang mulia bahwa ada sebagian ulama yang menasehatkan untuk senantiasa membaca kitab ini, Samahatusy Syaikh Ibnu Baz menukas : “Orang yang mengatakan demikian gholath (keliru)… tidak… ia keliru… yang mengatakan demikian keliru, kelak kami akan menulis tentangnya insya Alloh.”
المرجع: (درس لسماحته في منزله بالرياض سنة 1413 – تسجيلات منهاج السنة بالرياض).
Sumber : Pelajaran Syaikh mulia di kediaman beliau di Riyadh tahun 1413 H, rekamanMinhahus Sunnah di Riyadh.

Fatwa Kedua :
وقال سيد قطب في كتابه “التصوير الفني في القرآن” عن موسى عليه السلام: (لنأخذ موسى إنه نموذج للزعيم المندفع العصبي المزاج…}ودخل المدينة على حين غفلة من أهلها فوجد فيها رجلين يقتتلان هذا من شيعته وهذا من عدوه فاستغاثه الذي من شيعته على الذي من عدوه فوكزه موسى فقضى عليه{ وهنا يبدوا التعصب القومي كما يبدو الانفعال العصبي وسرعان ما تذهب هذه الدفعة العصبية فيثوب إلى نفسه شأن العصبيين). ثم يقول عند قوله تعالى: }فأصبح في المدينة خائفاً يترقب{، قال: (وهو تعبير مصور لهيئة معروفة، هيئة المتفزع المتلفت المتوقع للشر في كل حركة وتلك سمة العصبيين) “التصوير الفني” (200، 201، 203) ط 13، دار الشروق.
Sayyid Quthb berkata di dalam bukunya at-Tashwir al-Fanni fil Qur`an tentang Musa ‘alaihis Salam : “Kita ambil contoh Musa, sesungguhnya beliau adalah contoh figur seorang pemimpin yang emosional, fanatik dan ingin menang sendiri… “Dan Musa masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah, Maka didapatinya di dalam kota itu dua orang laki-laki yang berkelahi, yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan seorang (lagi) dari musuhnya (kaum Fir’aun). Maka orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari musuhnya lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu.” [QS al-Qoshshosh : 15). Di sini, tampak kefanatikan kesukuan beliau (Nabi Musa) sebagaimana tampak pula sentimen kesukuan dan betapa cepatnya naluri kefanatikan beliau bergolak, sehingga terbalas atas diri beliau urusan dendam orang-orang yang fanatik.” Kemudian beliau (Sayyid Quthb) berkata tentang firman Alloh Ta’ala : “Karena itu jadilah Musa di kota itu merasa takut menunggu-nunggu dengan rasa khawatir.” Berkata Sayyid Quthb : “hal itu merupakan suatu ungkapan yang menggambarkan keadaan suatu kondisi yang telah diketahui, yaitu kondisi orang yang khawatir ketakutan dan merasa was-was dengan keburukan dari tiap gerak-geriknya, dan inilah ciri orang-orang yang fanatik itu.” [Tashwirul Fanni (200,201,203), cet. Ke-13, Darul Masyruq.]
قال سماحة الشيخ عبد العزيز بن باز – رحمه الله – لما قرىء عليه مثل هذا الكلام: (الاستهزاء بالأنبياء ردة مستقلة).
Berkata Samahatusy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahi tatkala dibacakan kepada beliau ucapan ini : “Menghujat para Nabi adalah perbuatan murtad yang mengeluarkan dari Islam.”
المرجع: (درس لسماحته في منزله بالرياض سنة 1413 – تسجيلات منهاج السنة بالرياض).
Sumber : Pelajaran Syaikh mulia di kediaman beliau di Riyadh tahun 1413 H, rekamanMinhahus Sunnah di Riyadh.

Fatwa Ketiga :
وقال سيد قطب في كتابه “كتب وشخصيات” (ص242) عن معاوية بن أبي سفيان، وعمرو بن العاص رضي الله عنهما: (إن معاوية وزميله عمراً لم يغلبا علياً لأنهما أعرف منه بدخائل النفوس، وأخبر منه بالتصرف النافع في الظرف المناسب، ولكن لأنهما طليقان في استخدام كل سلاح، وهو مقيد بأخلاقه في اختيار وسائل الصراع. وحين يركن معاوية وزميله إلى الكذب والغش والخديعة والنفاق والرشوة وشراء الذمم لا يملك علي أن يتدلى إلى هذا الدرك الأسفل، فلا عجب ينجحان ويفشل. وإنه لفشل أشرف من كل نجاح).
Berkata Sayyid Quthb di dalam bukunya Kutub wa Syakhshiyat (hal. 242) tentang Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan ‘Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma : “Sesungguhnya Mu’awiyah dan rekannya ‘Amr, keduanya tidaklah mengalahkan ‘Ali hanya karena keduanya adalah orang yang lebih mengetahui ketimbang ‘Ali mengenai kedalaman jiwa dan lebih berpengalaman darinya tentang aktivitas yang menguntungkan pada waktu yang tepat. Namun, dikarenakan keduanya lebih mahir di dalam menggunakan berbagai senjata, sedangkan ‘Ali terkungkung dengan akhlak beliau di dalam memilih sarana-sarana untuk bertempur. Dan tatkala Mu’awiyah dan rekannya lebih condong untuk melakukan dusta, tipu daya, kecurangan, kemunafikan dan penyuapan serta jual beli darah, ‘Ali tidak memiliki kemampuan untuk berlaku serupa hingga kepada perbuatan yang paling rendah ini. Oleh karena itu tidaklah heran apabila keduanya berhasil sedangkan Ali gagal. Namun sungguh kegagalan ini jauh lebih mulia ketimbang segala bentuk keberhasilan.”
قال الشيخ عبد العزيز بن باز- رحمه الله – لما سئل عن هذا الكلام وقرىء عليه: (كلام قبيح !! هذا كلام قبيح سب لمعاوية وسب لعمرو بن العاص ؛ كل هذا كلام قبيح، وكلام منكر. معاوية وعمرو ومن معهما مجتهدون أخطأوا *. والمجتهدون إذا أخطأوا فالله يعفوا عنا وعنهم).
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu ketika ditanyakan tentang ucapan ini dan dibacakan kepada beliau, berkata : “Perkataan jelek!! Ini perkataan yang sunguh jelek, mencela Mu’awiyah dan ‘Amr bin ‘Ash. Semua ucapan ini adalah ucapan yang jelek dan ucapan yang mungkar. Mu’awiyah, ‘Amr dan orang-orang yang beserta mereka adalah para mujtahid yang tersalah*. Dan para mujtahid itu apabila tersalah maka semoga Alloh mengampuni kita dan mereka.”
[Keterangan : *
قال فضيلة الشيخ صالح الفوزان: (الجزم بخطئهما غير واضح فلو قيل: مجتهدون إن أصابوا فلهم أجران، وإن أخطأوا فلهم أجر واحد، وخطؤهم مغفور ؛ لكان أحسن وأعدل)
Berkata Fadhilatusy Syaikh Shalih al-Fauzan : Pemastian akan kesalahan keduanya adalah tidak jelas. Sekiranya dikatakan : mereka adalah mujtahid yang apabila benar mendapatkan dua pahala dan apabila salah mereka mendapatkan satu pahala dan kesalahan mereka terampuni, niscaya yang demikian ini lebih baik dan lebih obyektif.]
قال السائل: قوله: (إن فيهما نفاقاً) أليس تكفيراً ؟
Berkata seorang penanya : “ucapan Sayyid “sesungguhnya keduanya telah berlaku munafik” bukankah ini termasuk pengkafiran?”
قال الشيخ عبد العزيز – رحمه الله -: (هذا خطأ وغلط لا يكون كفرا ؛ فإن سبه لبعض الصحابة، أو واحد من الصحابة منكرٌ وفسق يستحق أن يؤدب عليه – نسأل الله العافية – ولكن إذا سب الأكثر أو فسقهم يرتد لأنهم حملة الشرع. إذا سبهم معناه قدح في الشرع.
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz rahimahullahu menjawab : “Ini salah dan keliru namun tidak menjadikan kafir. Sesungguhnya pencelaan terhadap sebagian sahabat atau salah seorang sahabat adalah suatu kemungkaran dan kefasikan yang harus diberi hukuman atas pelakunya -kami memohon keselematan kepada Alloh-, akan tetapi apabila ia mencela mayoritas sahabat atau menfasikkan mereka, maka ia telah murtad dikarenakan mereka -para sahabat- adalah pembawa syariat. Apabila ia mencela mereka maka ini artinya sama dengan mencela syariat.”
قال السائل: ألا ينهى عن هذه الكتب التي فيها هذا الكلام ؟
Seorang penanya berkata : “Tidakkah lebih baik buku-buku yang di dalamnya terdapat ucapan-ucapan semisal ini dilarang saja?”
قال سماحة الشيخ عبد العزيز – رحمه الله -: ينبغي أن تمزق. ثم قال الشيخ: هذا في جريدة ؟.
Samahatusy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz rahimahullahu berkata : “Bahkan lebih tepat disobek-sobek.” Kemudian Syaikh berkata : “apakah ucapan ini terdapat di surat kabar?”
قال السائل: في كتاب أحسن الله إليك.
Penanya menjawab : “Di dalam sebuah buku (wahai Syaikh) semoga Alloh berbuat kebaikan kepada anda.”
قال الشيخ عبد العزيز: لمن ؟.
Berkata Syaikh ‘Abdul ‘Aziz : “karangan siapa?”
قال السائل: لسيد قطب.
Penanya menjawab : “karangan Sayyid Quthb”.
قال الشيخ عبد العزيز: هذا كلام قبيح.
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz berkata : “ini ucapan yang buruk”
قال السائل: في “كتب وشخصيات”.
Penanya berkata : “di dalam bukunya Kutub wa Syakhshiyat.”
المرجع: (شرح رياض الصالحين لسماحته بتاريخ يوم الأحد 18/7/1416).
Sumber : Syarh Riyadhish Shalihin yang diasuh oleh Samahatusy Syaikh pada tanggal 18/7/1416 H.
فتوى العلامة المحدث محمد ناصر الدين الألباني
FATWA AL-‘ALLAMAH AL-MUHADDITS MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL-ALBANI
Fatwa Pertama :
قال العلامة المحدث محمد ناصر الدين الألباني – رحمه الله – معلقاً على خاتمة كتاب “العواصم مما في كتب سيد قطب من القواصم”:
Berkata al-‘Allamah al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullahu mengomentari penutup buku al-‘Awashim mimma fi Sayyid Quthb minal Qawashim :
كل ما رددته على سيد قطب حقٌ صوابٌ، ومنه يتبين لكل قارئ على شيء من الثقافة الإسلامية أن سيد قطب لم يكن على معرفة بالإسلام بأصوله وفروعه. فجزاك الله خير الجزاء أيها الأخ (الربيع) على قيامك بواجب البيان والكشف عن جهله وانحرافه عن الإسلام.
“Semua apa yang anda bantah dari Sayyid Quthb adalah haq dan benar. Darinya akan menjadi jelas bagi setiap pembaca sebagai suatu tsaqofah (wawasan) islamiyyah bahwasanya Sayyid Quthb tidaklah mengetahui Islam baik ushul maupun furu’-nya. Semoga Alloh mengganjar anda dengan ganjaran yang baik wahai saudara Rabi’ atas upaya anda di dalam menunaikan kewajiban menjelaskan dan menyingkap kejahilan dan penyimpangan Sayyiq Quthb terhadap Islam.”
المرجع: (من ورقة بخط الشيخ الألباني رحمه الله كتبها في آخر حياته).
Sumber : Dari sebuah kertas dengan tulisan tangan Syaikh al-Albani rahimahullahu yang beliau tuliskan pada akhir hayat beliau.
Fatwa kedua :
قال العلامة المحدث محمد ناصر الدين الألباني – رحمه الله – في سياق مناقشة لشخص: أنا قلت يوماً ما بالنسبة لسيد قطب. تسمع بالشيخ عبد الله عزام ؟
Berkata al-‘Allamah al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullahu di dalam suatu percakapan diskusi dengan seseorang : “Aku pernah berkata pada suatu hari terdahulu yang berkaitan tentang Sayyid Quthb. Engkau mendengar dari Syaikh ‘Abdullah ‘Azzam?
قال السائل: نعم.
Penanya berkata : “iya”
قال الشيخ: جزاك الله خيراً، عبد الله عزام كان هنا من الإخوان المسلمين، ومنذ قريب سبع سنين أو ثمان سنين الإخوان المسلمون اتخذوا قراراً بمقاطعة الألباني ؛ مقاطعة دروسه ومقاطعة كل من ينتمي إلى دعوته علماً أن عبد الله عزام كان هو الرجل الوحيد من بين الإخوان المسلمين الذي لا يكاد يسمع أن الشيخ الألباني عنده جلسة في دار كذا إلا يكون هو من أول الحضور ومعه دفتر (هيك) صغير وقلم (هيك) صغير جداً يكتب فيه خلاصات.
Syaikh berkata : “Semoga Alloh membalas anda dengan kebaikan. ‘Abdullah ‘Azzam dahulunya di sini termasuk al-Ikhwanil Muslimin. Dan semenjak hampir tujuh atau delapan tahunan, al-Ikhwanul Muslimun membuat suatu keputusan untuk mengisolir al-Albani, mengisolir pelajaran-pelajarannya dan mengisolir semua orang yang berafiliasi kepada dakwahnya. Ketahuilah, ‘Abdullah ‘Azzam ini dulunya adalah satu-satunya orang dari Ikhwanul Muslimin yang apabila ia mendengar bahwa Syaikh al-Albani memiliki majelis pengajian di suatu daerah ini, pastilah ia menjadi orang yang pertama kali hadir di majelis itu dengan membawa buku catatan kecil dan pena yang sangat kecil, ia menulis di dalamnya kesimpulan-kesimpulan (pengajian).
هذا الرجل الودود حقاً لما صدر قرار مقاطعة الألباني ما عاد حضر عند الألباني إطلاقاً. لقيته في “مسجد صهيب” ونحن خارجون من الصلاة، سلمت عليه بطبيعة الحال وسلَّم هو على استحياء لأنه لا يريد أن يخالف القرار !
Orang yang tersayang ini, benar-benar, tatkala keluar keputusan Ikhwanul Muslimin untuk mengisolir al-Albani, ia tidak pernah hadir kembali di majelis al-Albani sama sekali. Aku bertemu dengannya di Masjid Shuhaib dan kami ketika itu sedang keluar dari Masjid. Aku memberikan salam padanya sebagaimana biasanya, dan ia membalas salamku dengan sedikit malu-malu, dikarenakan ia tidak mau menyelisihi keputusan (Ikhwanul Muslimin).
قلت له: أيش هذا يا شيخ، هكذا الإسلام يأمركم ؟ قال – أي عبد الله عزام -: سحابة صيف عما قريب تنقشع.
Aku berkata kepadanya : “Apa-apaan ini wahai syaikh, apakah begini Islam memerintahkan anda?” Ia -yaitu ‘Abdullah ‘Azzam- menjawab : “Awan musim kemarau yang sebentar lagi ini akan lenyap.”
عاود الشيخ فقال: راحت أيام وجاءت أيام كان جاء زارني على البيت ما وجدني، الخلاصة قام بتتبع الأخبار عرف أني أنا عند نظام لما كان بيته تحت في البلد، طرق الباب دخل، أهلاً وسهلاً، قال: أنا جئت البيت ما وجدتك وأنا كما تعلم حريص على الاستفادة من علمك من هذا الكلام، قلت له: أنا هكذا أعرف، لكن أيش معنا المقاطعة هذه ؟
Syaikh kembali melanjutkan perkataannya : “Hari-hari telah berlalu dan datang hari-hari lainnya, suatu hari ia datang mengunjungiku di rumah namun ia tidak menjumpaiku. Singkat cerita ia mencari berita tentangku lalu ia mengetahui bahwa diriku sedang berada di rumah Nizham (menantu Syaikh al-Albani) dimana rumahnya berada di dataran rendah. Ia mengetuk pintu lalu masuk, Ahlan wa Sahlan (selamat datang), lalu ia berkata : “aku mendatangi rumah anda namun aku tidak menjumpai anda. Aku sebagaimana anda ketahui, benar-benar antusias untuk mengambil faidah dari ilmu anda dari percakapan ini.” Aku berkata kepadanya : “aku tahu tentang hal ini, tapi kenapa koq sampai ada pengisoliran terhadapku segala?”
قال: أنت كفَرتَ سيد قطب – وهذا الشاهد -. قلت له: أيش كفَّرت ؟ قال: أنت بتقول إنه هو يقرر عقيدة وحدة الوجود في تفسير أولاً:”سورة الحديد”- أظن -وثانياً: بـ “قل هو الله أحد”. قلت: نعم، نقل كلام الصوفية ولا يمكن أن يفهم منه إلا أنه يقول بوحدة الوجود، لكن نحن من قاعدتنا – وأنت من أعرف الناس بذلك لأنك تتابع جلساتي – لا نكفر أنساناً ولو وقع في الكفر إلا بعد إقامة الحجة، فكيف أنتم تعلنون المقاطعة هذه وأنا موجود بين ظهرانيكم…(كلمة غير واضحة) أنت إذا ما جئت تبعثوا شخص يتحقق من أنه صحيح أنا أكفر سيد قطب.
Ia (‘Abdullah ‘Azzam) berkata : “Anda telah mengkafirkan Sayyid Quthb -dan ini adalah buktinya-.” Aku berkata kepadanya : “Bagaimana aku mengkafirkannya?” Ia berkata : “Anda mengatakan bahwa ia (Sayyid Quthb) -pertama- menetapkan aqidah Wihdatul Wujud di dalam tafsir surat al-Hadid -menurut perkiraanku -, dan yang kedua, dalam surat Qul huwallohu ahad.” Aku (Syaikh al-Albani) berkata : “Benar, ia (Sayyid) mencuplik ucapan-ucapan Shufiyah yang tidak mungkin difahami darinya melainkan ia berpendapat dengan wahdatul wujud. Akan tetapi kami dengan kaidah kami -sedangkan engkau adalah manusia yang paling mengetahui hal ini karena engkau selalu mengikuti majlisku- kami tidak mengkafirkan seorang manusia walaupun ia jatuh ke dalam kekufuran kecuali setelah ditegakkan hujjah. Bagaimana bisa kalian mengumumkan pengisoliran ini sedangkan aku berada bersama kalian… (ucapan tidak jelas). Engkau apabila tidak bisa datang, bisa mengutus seseorang untuk menverifikasi kebenaran apakah saya mengkafirkan Sayyid Quthb.
كان معه يومئذٍ لما جاء لنظام أخونا علي السطري، قلت له: سيد قطب هكذا يقول في سورة كذا. قام فتح في مكان آخر فيه بأن الرجل يؤمن بالله ورسوله والتوحيد …إلخ، قلنا له: يا أخي نحن ما أنكرنا هذا الحق الذي يقوله، لكننا أنكرنا هذا الباطل الذي قاله. ورغم هذه الجلسة فيما بعد راح نشر مقالتين أو ثلاثة بصورة متتابعة في”مجلة المجتمع” في الكويت بعنوان ضخم: (الشيخ الألباني يكفر سيد قطب)، والقصة طويلة جداً لكن
الشاهد فيها أين ؟
Suatu hari, ketika ia bersama Nizham datang saudara kita ‘Ali as-Sathiri. Aku berkata kepadanya : “Sayyid Quthb begini berkata di dalam surat ini”. Kemudian ia bangkit sembari membuka di tempat lain (dalam buku Sayyid Quthb untuk menunjukkan, pent.) bahwasanya orang tersebut (Sayyid Quthb) adalah orang yang mengimani Alloh, Rasul-Nya, tauhid… dst. Kami berkata kepadanya : “wahai saudaraku, kami tidak mengingkari kebenaran yang diucapkannya (Sayyid Quthb) ini. Akan tetapi kami mengingkari kebatilan yang diucapkan olehnya.” Walaupun dengan adanya pertemuan ini, namun setelah berlalunya waktu, ia menyebarkan dua makalah atau tiga secara berturut-turut di Majalah “al-Mujtama'” [Majalah Ikhwanul Muslimin] di Kuwait dengan judul yang besar “Syaikh Albani mengkafirkan Sayyid Quthb”. Kisah di dalam majalah itu sangat panjang sekali, namun dimana bukti di dalamnya?
أننا نحن نقول (هيك) ونقول (هيك) فالذي يأخذ إن سيد قطب كفره الألباني مثل الذي يأخذ إنه والله الشيخ الألباني أثنى على سيد قطب في مكان معين، هؤلاء أهل أهواء، يا أخي ! هؤلاء لا سبيل لنا أن نقف في طريقهم إلا أن ندعـو الله لهـم فقط، أفأنتَ تُكْرهُ الناس حتى يكونوا مؤمنين) اهـ.
Kami berkata “demikianlah” dan “demikianlah” [haik itu bermakna hakadza dan ini logatnya orang Suriah], maka barangsiapa yang memahami bahwa sesungguhnya Sayyid Quthb dikafirkan oleh al-Albani sebagaimana ia (‘Abdullah ‘Azzam) memahaminya, sesungguhnya -demi Alloh- Syaikh Albani telah memuji Sayyid Quthb pada tempat tertentu. Mereka semua adalah ahlul ahwa` wahai saudaraku! Mereka tidak ada jalan bagi kami untuk mensikapi cara mereka ini melainkan dengan mendoakan bagi mereka saja. Apakah anda mampu memaksa manusia agar mereka semua menjadi orang mukmin? [maksudnya : biar bagaimanapun cara kita menjelaskan, apabila mereka tidak faham mereka tidak bakal faham, kewajiban kita hanya menyampaikan adapun hasil bukanlah tanggung jawab kita pent.]
المرجع (شريط للشيخ بعنوان “مفاهيم يجب أن تصحح” ).
Sumber : Kaset rekaman syaikh yang berjudul Mafahim Yajibu an Tushohah.
فتوى العلامة الشيخ محمد بن صالح العثيمين
FATWA AL-‘ALLAMAH ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN SHOLIH AL-‘UTSAIMIN
Fatwa Pertama :
سئل فضيلة الشيخ العلامة محمد بن صالح العثيمين: (- أثابكم الله – أرجو إجابتي على هذا السؤال: إننا نعلم الكثير من تجاوزات سيد قطب لكن الشيء الوحيد الذي لم أسمعه عنه، وقد سمعته من أحد طلبة العلم مؤخراً ولم أقتنع بذلك ؛ فقد قال: إن سيد قطب ممن يقولون بوحدة الوجود. وطبعاً هذا كفر صريح، فهل كان سيد قطب ممن يقولون بوحدة الوجود ؟ أرجو الإجابة جزاكم الله خيراً.
Fadhialasy Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin ditanya : “Semoga Alloh memberikan pahala kepada anda, saya berharap jawaban atas pertanyaan ini : sesungguhnya kita banyak mengetahui tentang penyelewengan Sayyid Quthb, akan tetapi ada satu hal yang aku belum pernah mendengar darinya. Namun akhirnya aku telah mendengar dari salah seorang penuntut ilmu namun aku belum merasa puas dengannya. Ia (penuntut ilmu itu) berkata : “Sesungguhnya Sayyid Quthb itu termasuk orang orang berkata dengan wahdatul wujud.” Tentu saja ini merupakan kekufuran yang nyata. Apakah Sayyid Quthb termasuk orang yang berkata dengan wahdatul wujud? Saya mengharapkan jawaban anda, semoga Alloh membalas anda dengan kebaikan.
قال الشيخ محمد: (مطالعتي لكتب سيد قطب قليلة ولا أعلم عن حال الرجل، لكن قد كتب العلماء فيما يتعلق بمؤلفه في التفسير “ظلال القرآن”، كتبوا ملاحظات عليه، مثـل ما كتبـه الشيـخ عبد الله الدويش – رحمه الله – وكتب أخونا الشيخ ربيع المدخلي ملاحظات عليه ؛ على سيد قطب في التفسير وفي غيره. فمن أحب أن يراجعها فليراجعها).
Syaikh Muhammad menjawab : “Penelaahan saya terhadap buku-buku Sayyid Quthb amatlah minim dan saya tidak begitu mengetahui keadaan orang ini. Namun, ada ulama yang telah menulis yang berkaitan dengan karya tulis Sayyid Quthb di dalam tafsir Zhilalil Qur’an. Mereka menulis beberapa koreksi terhadap tafsirnya, seperti yang ditulis oleh Syaikh ‘Abdullah ad-Duwaisy rahimahullahu dan apa yang ditulis oleh saudara kami Rabi’ ad-Madkholi berupa koreksian atasnya, atas Sayyid Quthb di dalam tafsirnya dan selainnya. Barangsiapa yang mau menelaahnya maka silakan menelaahnya.”
المرجع (من شريط “اللقاء المفتوح الثاني بين الشيخين العثيمين والمدخلي بجده”، ثم وَقَّعَ عليها الشيخ محمد بتاريخ 24/2/1421)
Sumber : Kaset al-Liqo`ul Maftuh baina asy-Syaikhaini al-‘Utsaimin wal Madkholi bi Jiddah. Kemudian ditandatangani oleh Syaikh Muhammad pada tanggal 24/2/1421.
Fatwa Kedua :
قال سيد قطب في تفسير سورة الإخلاص في “ظلال القرآن”: (إنها أحدية الوجود، فليس هناك حقيقة إلا حقيقته، وليس هناك وجود حقيقي إلا وجوده، وكل موجود آخر؛ فإنما يستمد وجوده من ذلك الوجود الحقيقي، ويستمد حقيقته من تلك الحقيقة الذاتية، وهي من ثم أحدية الفاعلية، فليس سواه فاعلا لشيء أو فاعلا في شيء في هذا الوجود أصلاً، وهذه عقيدة في الضمير، وتفسير للوجود). (“الظلال” (6/4002،4003)). وقال في قوله تعالى: }الرحمن على العرش استوى{ : (أما الاستواء على العرش فنملك أن نقول: إنه كناية عن الهيمنة على هذا الخلق).(“الظلال” (4/2328)،(6/3408)، ط12، 1406، دار العلم).
Berkata Sayyid Quthb tentang tafsir surat al-Ikhlash di dalam Zhilalul Qur’an : “Sesungguhnya ia adalah wujud yang tunggal, tidak ada hakikat kecuali hakikat-Nya, dan tidak ada suatu wujud yang hakiki melainkan wujud-Nya. Dan setiap suatu yang maujud (eksis) lainnya, maka sesungguhnya wujudnya bersandar pada wujud hakiki itu dan hakikatnya bersandar pada hakikat dzatiyah itu, dan karena itulah ia fa’iliyah (perbuatan) yang tunggal, tidak ada selain-Nya melakukan sesuatu atau berbuat suatu hal di dalam wujud (eksistensi) ini secara asal/pokok, dan ini merupakan aqidah di dalam dhamir (bentuk) dan tafsir terhadap wujud.” [azh-Zhilal(VI/4002-4003)]. Ia juga berkata menafsirkan firman Alloh Ta’ala : “Ar-Rahman (Alloh yang maha pemurah) yang bersemayam di atas Arsy” : “Adapun istiwa` di atas Arsy dapat kita katakan bahwasanya istiwa` ini merupakan kinayah (kiasan) dari al-Haimanah (penguasaan) atas makhluk (ciptaan)-Nya ini.” [Azh-Zhilal(4/2328), (6/3408) cet. Ke-12, 1406, Darul ‘Ilmi].
سئل فضيلة الشيخ العلامة محمد بن صالح العثيمين – حفظه الله – عن صاحب كتاب “في ظلال القرآن” ومنهجه في التفسير؟
Fadhilatusy Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullahu ditanya tentang penulis kitab Fi Zhilalil Qur’an dan manhajnya di dalam tafsir?
فقال: (أنه كثر الحديث حول هذا الرجل وكتابه، وفي كتب التفسير الأخرى كتفسير ابن كثير، وتفسيـر ابن سعـدي، وتفسيـر القرطبي – علـى ما فيـه من التساهـل في الحديـث -، وتفسيـر ] أبي بكر] الجزائري الغنى والكفاية ألف مرة عن هذا الكتاب. وقد ذكر بعض ] أهل العلم ] كالدويش والألباني الملاحظات على هذا الكتاب، وهي مدونة وموجودة. ولم أطلع على هذا الكتاب بكامله وإنما قرأتُ تفسيره لسورة الإخلاص وقد قال قولاً عظيماً فيها مخالفاً لما عليه أهل السنة والجماعة؛ حيث أن تفسيره لها يدل على أنه يقول بوحدة الوجود. وكذلك تفسيره للاستواء بأنه الهيمنة والسيطرة. علماً بأن هذا الكتاب ليس كتاب تفسير وقد ذكر ذلك صاحبه، فقال: “ظلال القرآن”. ويجب على طلاب العلم ألا يجعلوا هذا الرجل أو غيره سببا للخلاف والشقاق بينهم، وأن يكون الولاء والبراء له أو عليه.
Beliau menjawab : “Bahwasanya telah banyak perbincangan terhadap orang ini dan bukunya. Dan di dalam buku-buku tafsir lainnya semisal tafsir Ibnu Katsir, tafsir ibnu Sa’di, tafsir al-Qurthubi -selain dari tasahul(terlalu mudahnya) di dalam (menilai) hadits- dan tafsir (Abu Bakar) al-Jaza`iri lebih kaya dan lebih mencukupi seribu kali daripada buku ini (Fi Zhilalil Qur’an). Sebagian ulama semisal ad-Duwaisy dan al-Albani telah menyebutkan beberapa koreksi atas buku ini, dan koreksian ini telah dicetak dan dibukukan. Aku belum menelaah buku ini secara sempurna, hanya saja yang telah aku baca adalah tafsirnya tentang surat al-Ikhlash, dan ia telah berkata dengan perkataan yang dahsyat yang di dalamnya menyelisihi (aqidah) ahlus sunnah wal jama’ah, dimana tafsirannya terhadap ayat itu menunjukkan bahwa dirinya berkata denganwahdatul wujud. Demikian pula dengan tafsirannya terhadap istiwa` yang dimaknai dengan al-Haimanah(pemeliharaan) dan as-Saithoroh (penguasaan). Perlu diketahui, bahwasanya buku ini bukanlah buku tafsir. Penulisnya sendiri saja menyebutnya sebagai Zhilalul Qur`an. Wajib atas para penuntut ilmu untuk tidak menjadikan orang ini atau selainnya sebagai sebab perselisihan dan perpecahan diantara mereka, dan agar menempatkan wala` dan baro` baginya atau atasnya.”
المرجع: (مجلة الدعوة – عدد1591- 9 محرم 1418، ثم وَقَّعَ عليها الشيخ محمد بتاريخ 24/2/1421).
Sumber : Majalah ad-Da’wah no. 1591, tanggal 9 Muharam 1418, kemudian syaikh menandatanginya tanggal 24/2/1421.
Fatwa Ketiga :
قال السائل: ما هو قول سماحتكم في رجل ينصحُ الشباب السُّنِّيّ بقراءة كتب سيد قطب، ويخص منها: “في ظلال القرآن” و “معالم على الطريق” و “لماذا أعدموني” دون أن ينبه على الأخطاء والضلالات الموجودة في هذه الكتب ؟
Seorang penanya berkata : “Apa pendapat yang mulia terhadap seseorang yang menasehatkan para pemudasunni untuk membaca buku-buku Sayyid Quthb, terutama Fi Zhilalil Qur`anMa’alim fith Thariq dan Limadza a’damuni tanpa menjelaskan kesalahan-kesalahan dan kesesatan-kesesatan yang terdapat di dalam buku-buku tersebut?
فقال الشيخ ابن عثيمين – حفظه الله -: ( أنا] قولي ] – بارك الله فيك – أن من كان ناصحاً لله ورسوله ولإخوانه المسلمين أن يحث الناس على قراءة كتب الأقدمين في التفسير وغير التفسير فهي أبرك وأنفع وأحسن من كتب المتأخرين، أما تفسير سيد قطب – رحمه الله – ففيه طوام – لكن نرجو الله أن يعفو عنه – فيه طوام: كتفسيره للاستواء،
وتفسيره سورة “قل هو الله أحد”، وكذلك وصفه لبعض الرسل بما لا ينبغي أن يصفه به).
Syaikh Ibnu ‘Utsaimin hafizhahullahu [rahimahullahu sekarang, pent.] menjawab : “pendapatku -semoga Alloh memberkahi anda- bahwa barang siapa yang memberikan nasehat karena Alloh, Rasul-Nya dan bagi saudara-saudaranya muslim, supaya menganjurkan manusia membaca buku-buku orang terdahulu baik di dalam masalah tafsir maupun selain tafsir, karena hal ini lebih berbarakah, lebih bermanfaat dan lebih baik daripada buku-buku kontemporer. Adapun tafsir Sayyid Quthb rahimahullahu, maka di dalamnya ada kekeliruan, akan tetapi kami memohon kepada Alloh agar mengampuninya. Di dalam tafsirnya ada kekeliruan seperti tafsirnya tentang istiwa`, tafsirnya tentang surat qul huwallohu ahad, dan demikian pula dengan pensifatannya kepada sebagian rasul dengan sifat yang tidak layak.”
المرجع (من شريط أقوال العلماء في إبطال قواعد ومقالات عدنان عرعور، ثم وَقَّعَ عليها الشيخ محمد بتاريخ 24/2/1421) .

Sumber : Kaset Aqwalul ‘Ulama` fi Ibthalil Qowa`id wa Maqolat ‘Adnan ‘Ar’ur kemudian syaikh menandatanginya pada tanggal 24/2/1421.
Dari http://abusalma.wordpress.com/2007/08/01/fatwa-ulama-umat-terhadap-sayyid-quthb-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar