Sabtu, 02 Maret 2013

Mengusir Penyakit Malas

Iman seseorang pastilah mengalami pasangsurut, naik dan turun sesuai dengan kadar ketaatan. Semakin kuat dan semangat dalam ketaatan, maka hal itu sebagai indikasi imannya sedang naik. Sebaliknya, iman akan berkurang dengan kemaksiatan. Jiwa manusia sifatnya bagaikan anak kecil, harus terus dilatih agar ter­biasa dengan ketaatan. Nah, ketika rasa malas menghampiri dalam jiwa, harus ada usaha menepisnya, agar tidak terus-­menerus terkurung dalam rasa malas yang tiada henti.

Bagaimanakah cara jitu untuk menepis rasa malas yang meng­hampiri?

Macam-macam malas

Sifat malas ada dua macam:
Pertama: Malasnya akal, tidak memakainya un­tuk berpikir dan merenungi ciptaan Allah atau bisa juga tidak menggunakan akal untuk sesuatu yang memperbaiki dirinya, berupa dunia dan ke­ hidupannya. Tidaklah kemunduran sebuah kaum kecuali karena sebab malasnya orang­orang yang berakal dan sedikitnya orang yang mau meman­faatkan kekuatan pikiran pemberian Allah ini.

Kedua: Malasnya badan. Yaitu mencakup seluruh anggota badan. Malas ini akan membawa kemun­duran individu. Berpengaruh pada keadaan suatu kaum dalam bidang pertanian, industri, dan se­lain keduanya.

Sebab-sebab malas

1. Tabiat manusia itu sendiri

2. Pendidikan di rumah

3. Lingkungan dan masyarakat

4. Sedikitnya pendidik dan teladan yang baik

5. istri dan anak

6. Banyak tidur

7. Panjang angan-angan dan sering menunda-nunda

Terapi bila sifat malas menghampiri

1. Menyadari pentingnya waktu

2. Bergaul dengan teman yang baik

3. Membaca kisah-kisah semangat para salaf

4. kontinu mengerjakan amal shalih

5. isi dengan kegiatan bermanfaat

6. Do’a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar