Sabtu, 01 Desember 2012

7 Kebiasaan Lajang Yang Tidak Efektif



optimis
Satu : Negatif thinking.
Misalnya, kalau pas lagi jalan sendiri, lalu ada yang tanya (teman kerja atau teman sekampus lain jurusan), “Koq sendiri?” Langsung deh reaksinya seperti ini: “Sudah tahu sendiri, pakai tanya-tanya. Mentang-mentang gua jomblo. Ngenye, ya.”
Atau, suatu kali ngelihat ada orang lain yang ngelihatin: “Kenapa sih lihat-lihat?! Anehnya ya, karena gua jomblo. Dasar, tamblo (tampang bloon) luh.”
Padahal, “Koq sendiri?” itu kan pertanyaan standar orang yang pengen tanya tapi nggak tahu mau tanya apa. Just basa-basi. Nggak ada maksud apa-apa. Malah kalau tanyanya “Koq berdua?” atau “Sama siapa?” jadi aneh bin konyol. Lha, sudah jelas sendiri pakai tanya “Koq berdua?” atau “Sama siapa?” segala.
Begitulah kalau sudah dikuasai pikiran negatif. Segala sesuatu disikapi secara negatif. Ibarat orang pakai kacamata hitam. Semua yang dilihatnya serba hitam. Lalu bagaimana dong mengatasinya? Tidak ada cara lain, ganti kacamatanya dengan kacamata yang lebih terang. Jangan salahkan obyek yang dilihat.
Dua: Selalu Merasa Citra diri negative, ga ada pede pedenya..
“Siapalah saya ini. Tampang pas-pasan. Nggak bisa apa-apa pula. Otak belet, lha nilai kuliah saja hampir tidak pernah bergeser dari C. Dapet B tuh untung. A, wah ajaib benar anugerah-Mu deh. Mana ada yang mau sama saya. Seandainya saya jadi orang lain pun, nggak bakalan koq saya mau sama diri saya yang begini.”
Padahal gambaran kita tentang diri kita sendiri akan sangat berpengaruh loh terhadap pikiran, perasaan dan sikap hidup kita. Ibarat makanan bagi tubuh kita, citra diri akan sangat menentukan; apakah kita akan menjadi pribadi yang optimistis, percaya diri, punya semangat hidup. Atau sebaliknya, menjadi pribadi yang pesimistis, rendah diri, loyo alias nggak punya semangat hidup.
Tiga: Rumput di halaman rumah tetangga kelihatan lebih hijau.
“Duh,enak nian punya istri kayak die. Kemana-mana ada yang nemenin. Ada yang perhatiin and diperhatiin. Ada shoulder to cry on. Malam minggu nggak cengo sendiri di rumah. Indah dan T.O.P – B.G.T. Bisa ngerasain dag dig dug serrr tiap hari saat pulang kerja liat doi. Kapan pun dan dimana pun ada yang selalu bisa di-call. Pokoknya asyik deh.”
Lah lah lah … Jadi nganggepnya hidup orang lain tuh lebih enak, lebih baik, lebih nikmat, lebih segalanya. Lalu kita berandai-andai; seandainya hidup kita kayak hidup die, dunia kita kayak dunia die. Seolah kita nih baru bahagia kalau kayak die. Kita jadi kurang bersyukur dengan hidup kita sendiri. Bawaannye ngedumel mulu, saat ketemu kawan yang udah nikah jadi sensi, padahal baru ketemu bentar eh ngomongnya dah asem kecut banget : Sono pulang, ntar bini nyariin lageee, emang gue asyik n bebas Ndro !!
Diiih … ckckckckck…
Empat: Berselubung topeng Nggak jujur dengan diri sendiri. Nggak apa adanya.
Contoh “Aku emang belum mau nikah koq. Suer. Masih ingin sendiri, mau beresin ini dan itu dulu, boro boro mikirin kesana deh ah, sorry ya ga usah bahas bahas nikah depan gue deh …”
Wah , bisa jadi Yang sebenarnya: memang belum ketemu jodohnya, cuma ya terbawa sensi, emosi dann gengsi aja, coba kalau lebih terbuka, namanya dengan kawan dekat ya, siapa tahu kita kita ada channel bisa bantu fasilitasin, yah minimal kan bantu doa ..
Lima: Hanyut terbawa perasaan
Nelangsa. Merasa kasihan pada diri sendiri. Seakan dengan statusnya itu, dia menjadi orang yang paling malang di dunia. Makan jadi nggak enak (apalagi sayurnya sudah basi, kurang garam pula), tidur nggak nyenyak (banyak nyamuk ).
Eh bikinnya status :
Sepiiii ….
Ga enak ihhhh …
Rindu sesuatu …
Dan sejuta kata kata ngenes lainnya yang meluncur ibarat skateboard ditarik MOTOGP , derasss abissss…
So padahal dia seharusnya tak segoyah dan segaduh ini, mengapa ??
1. Memang belum waktunya, nanti juga insya Allah ada masanya, so enjoy aja deh … (jangan ke enjoy-an )
2. Saya cuma mau bilang: “You’ll never walk alone, Kan banyak juga temen senasib seperjuangan , dan mereka cenderung bisa semangat kok .. ayo cumungutdz !!! sambil tereak tereak “You’ll never walk alone , “You’ll never walk alone , “You’ll never walk alone
Enam: Memaksakan kehendak.
Kalo kita perhatiin di jalanan nih, ada beberapa cara yang mereka tempuh. Yaitu yang ditempuhnya pun bermacam-macam, ada yang pake :
Cara Kasar:
“Hi, cewek, godain kita dong!” (ekstrim: sambil melotot, satu tangan berkacak pinggang satu tangan lagi menggenggam batu siap ditimpukin).
Begitu ga mau nengok disambit, sambil bilang : Dasar cantik cantik BUDEK !!
Jiaaaah si adek ya, udah caranya salah TOTAL , eh dicuekin ngambek , ibarat pepatah usah salah ngotot neh .. anda mah jangan niru niru ya cara beginian, HARAM !!
Cara Halus :
“Apa pun yang terjadi gua harus dapetin doi; biar gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang. Pokoknya harus dan kudu!” (ekstrim: bayar segerombolan preman untuk menculik doi, lalu dengan gaya kungfu Bruce Lee datang menyelamatkannya).
Ah ini mah cara klasik cuma buat narik perhatian aja, ujungnya minta kenalan , minta nope dan ngajak malam mingguan, BASI !!!
Atau, “Saya nggak bisa hidup tanpa doi. Sudahlah, saya mau mati saja! Mana tali, mana tali! Saya mau gantung diri!”
Ini cara pengecut woyyy , makanya jangan PACARAN , akhirnya kebakar ANGUS dah tuh HARAPAN !!!
Atau :
Kalau berdoa doanya begini: “Ya Allah, kalau dia jodoh saya, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodoh saya, jodohkanlah. Tapi kalau dia nggak bisa jadi jodoh saya, biarkan dia ngejomblo seumur hidup. Amin.”
Waduh ini nih yang ga demen, disaat cintanya ditolak doi malah doain kejelekan, eh make dalil ancaman lagi : “Awas due doain, doa orang yang teraniaya itu manjur !!”
Teraniaya?? Preeeeet, dari Hongkong kaleeee….
Yang lebih mengenaskan sampe datang ke Mbah dan mengadu :
“Mbah cinta saya di tolak, tolong pelet dia donk .. supaya mao sama saya ..!! saya tak bisa hidup tanpa dia , saya cinta dia, ” hoaaaaa…hoaaaaa *nangis sejadi jadinya*
Astaghfirullah .. gara gara cinta buta , eh keyakinan di gadaikan . Ingat Ndro !! Mendatangi dukun saja sudah dilarang , apalagi mempercayainya, dan meminta bantuannya, ini sudah pelanggaran aqidah , shalat bisa tidak diterima selama 40 hari dan bisa menyeret kepada kekufuran loh !! waspadalah waspadalah !! Galau boleh, tapi jangan sampai keluar koridor Bus Way ah !! Ntar ketabrak baru nyaho !!
Tujuh : Cuma Drug dan Whisky Cola Teman Setia !!
“Mereka ga oke, mereka ga asyik, cuma ini saja yang bisa setia temenin hidup gue sepanjang masa !!! “
Wah wah wah .. kalau udah sampai ke taraf kecanduan ini bahaya banget Dro !! Sama aja menyiksa diri, ngajak mati pelan pelan, iya kalo langsung mati ?? Kalo malah kena GULA ? Kena GINJAL ? Kena JANTUNG ? en hidup lo CAUR ?? Cuma gara gara wanita elo tukar hidup lo , lo ancurin kesehatan lo , bukannya lisan lo berdzikir malah ngabsen binatang … !! Lah mau bagaimana ada perubahan ?? Hidup lo ada yang punya, yaitu Allah Jalla Wa ‘Ala, instropeksi diri bukan malah CAUR-CAURAN !! Perbanyak ibadah, deketin Allah yang Maha Kuasa, minta padaNya apa lo mau, kagak usah pake perantara perantaraan dah, elo bukan lagi mo JUAL TANAH kok .. dunia ga selebar KOLOR !!!
Semoga bisa menjadi sebuah motivasi walau dikemas dengan bahasa gaol ya .. sorry , saya terbiasa menyusun tulisan dengan gaya lepas dan bebas, jika anda keberatan itu salah anda dan saya ga mau ikut memikulnya, hehe…
Keterangan :
kata “Ndro” saya gunakan dari bahasa gaol yang diantara maksudnya adalah Friend atau kawan atau sobat

Oleh: Abu Iram Al-Atsary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar